Gaya Hidup

Ini Tujuh Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran

Sabtu, 25 Mei 2019 - 02:20 | 70.84k
Ilustrasi mudik. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Ilustrasi mudik. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang libur panjang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah, masyarakat Indonesia mulai disibukkan dengan berbagai persiapan. Salah satu persiapan bagi para perantau adalah mudik lebaran. Inilah tujuh tips mudik lebaran

Bagi mereka yang merantau di tempat jauh dari keluarga, tentu saja lebaran akan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Momentum inilah mereka bisa bertemu dan silaturrahim dengan keluarga dan kerabat.

Seperti dilansir dari DokterSehat.com, berikut tujuh tips mudik agar aman dan nyaman saat lebaran:

Pastikan terlebih dahulu moda transportasi yang digunakan

Ini langkah awal yang perlu ditentukan oleh para TIMES Lovers yang akan bermudik. Menentukan moda transportasi yang akan digunakan harus dari jauh-jauh hari mengingat akan ada jutaan orang yang melakukan mudik secara bersamaan.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, pastikan untuk mendapatkan tiketnya terlebih dahulu agar tidak kehabisan. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan kendaraan tersebut agar kendaraan siap dalam kondisi yang prima dan nyaman sebelum digunakan untuk mudik.

Persiapkan perjalanan

Khusus TIMES Lovers yang melakukan mudik lebaran dengan moda transportasi pribadi, ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada kondisi kendaraan yang akan Anda gunakan agar bisa dikemudikan dengan nyaman dan sampai tujuan.

Selain kendaraan, pastikan untuk membawa peralatan perlindungan diri dan mempersiapkan tubuh dengan baik mengingat perjalanan jauh akan menguras cukup banyak tenaga.

Beristirahatlah dengan cukup sebelum perjalanan dan jika tubuh terasa kurang sehat selama perjalanan, jangan ragu untuk memanfaatkan rest area mudik yang banyak tersedia dengan gratis. Tak kalah pentingnya juga, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang diperlukan selama perjalanan.

Waspadai kelelahan
Mengingat waktu mudik dilakukan di bulan puasa, sebaiknya Anda harus mempersiapkan tubuh Anda supaya stay fit dan bugar sebelum melakukan perjalanan panjang. Jika Anda memilih untuk melakukan perjalanan di siang hari, jangan paksakan diri untuk terus berkendara saat lelah.

Jika Anda merasa dehidrasi dalam melakukan perjalanan, segeralah minum air putih secukupnya. Jika Anda memilih untuk melakukan perjalanan di malam hari, segera luangkan waktu untuk beristirahat saat ngantuk. Sebagai informasi, cukup banyak pemudik yang memilih waktu perjalanan pada malam hari agar tetap bisa berpuasa di siang hari dan menghindari kemacetan.

Sering mengambil waktu istirahat

Jika Anda memilih untuk membawa kendaraan sendiri, pastikan untuk sering mengambil waktu istirahat agar badan selalu dalam kondisi prima saat berkendara. Pakar kesehatan menyarankan Anda untuk beristirahat setiap empat jam berkendara. Tak hanya di pos-pos mudik, Anda juga bisa menggunakan rest area atau POM Bensin yang bisa dipakai sebagai tempat beristirahat.

Saat istirahat, lakukan peregangan atau relaksasi pada tubuh terutama persendian. Gunakan waktu ini untuk buang air kecil karena jika terlalu lama menahannya, dikhawatirkan akan terkena penyakit infeksi saluran kencing.

Tak hanya memaksimalkan waktu beristirahat, Kementerian Kesehatan juga menyarankan untuk selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dimanapun berada, termasuk saat mudik. Sebagai contoh, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun setelah keluar dari toilet, sebelum makan dan minum, dan setiap kali tangan kotor. Dengan melakukannya, Anda pun tidak akan mudah jatuh sakit.

Membawa bekal

Meskipun banyak penjual makanan dan minuman di pinggir jalan, ada baiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Selain itu, dalam situasi macet total, Anda tidak akan kesulitan mencari makanan dan minuman. Untuk itu, persiapkan bekal untuk perjalanan panjang dan simpanlah di tempat yang bersih.

Membawa obat-obatan

Jangan pernah lupakan obat-obatan sederhana layaknya obat masuk angin, obat anti mual dan muntah, obat sakit kepala, obat maag, obat anti alergi, dan lain-lain. Obat-obatan bisa berguna sebagai pertolongan pertama jika mengalami masalah kesehatan di tengah-tengah perjalanan.

Berkendara dengan aman

Saat melakukan perjalanan, selalu patuhi rambu lalu lintas dan menjaga kecepatan yang aman. Selain itu, jangan membawa barang yang melebihi muatan karena hal ini bisa mengganggu kestabilan mengemudi. Jika Anda membawa sepeda motor, pastikan untuk menggunakan masker agar terlindungi dari debu dan polusi udara.

Dengan melakukan persiapan yang matang, Anda pun akan melakukan perjalanan mudik lebaran yang aman dan nyaman sehingga bisa menikmati hari lebaran bersama dengan keluarga di daerah asal. Selamat menerapkan tujuh tips mudik lebaran TIMES Lovers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES