Ekonomi

Jelang Lebaran, Permintaan Sapi dari Madura ke Jawa Meningkat

Jelang Lebaran, Permintaan Sapi dari Madura ke Jawa Meningkat Puluhan ekor sapi yang dikirim dari Pulau Madura ke Jawa, tiba di Pelabuhan Kalibuntu Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.(FOTO: Dicko W/ TIMES Indonesia)
Jum'at, 24 Mei 2019 - 13:46

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, permintaan sapi lokal dari Pulau Madura ke Jawa, mulai mengalami peningkatan.

Itu terbukti dari lalulintas pengiriman sapi Madura, melalui Pelabuhan Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (24/5/2019).

Selain permintaan saat ini yang cukup tinggi, harganya di pasaran saat ini juga mulai mahal, baik sapi lokal maupun sapi Madura. 

Agus Solichin, Penanggung Jawab Kantor Balai Besar Karantina Kalibuntu, Kabupaten Probolinggo mengatakan, sejak dua bulan terakhir pengiriman sapi Madura ke Probolinggo, melalui pintu masuk Pelabuhan Suramadu, Situbondo dan Pelabuhan Kalibuntu, memang terjadi peningkata sekitar 40 persen.

“Sejak bulan April 2019 lalu permintaan sudah mulai meningakat. Namun, lebih meningkat lagi pada bulan Mei ini. pada bulan-bulan sebelumnya, jumlah pengiriman sapi dari Madura, hanya sekitar 400 sampai 500 ekor dalam sebulan. Saat ini mencapai 800 hingga 900 ekor, selama bulan April-Mei 2019,” terang Agus.

Agus menjelaskan, semakin mendekati Lebaran, jumlah pengiriman biasanya semakin naik. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada H-3 lebaran, permintaan semakin tinggi. Lalulintas pengiriman sapi Madura di Pelabuhan Kalibuntu, bisa mencapai 1.000 ekor lebih.

Sementara soal harga di pasaran, Agus memprediksi mulai ada kenaikan harga jual khusus sapi Madura. Khusus sapi lokal ditingkat pasar sapi di Kabupaten Probolinggo,informasi yang saya dapat, kenaikan harganya mencapai Rp 2 juta per ekornya. Semisal dari harga sebelumnya Rp 7 juta menjadi Rp 9 juta.

“Untuk sapi Madura, kenaikannya hampir sama, yakni berkisar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per ekor, karena harga sapi Madura, memang lebih murah dibanding sapi lokal. Semua harga sapi pasti ada kenaikan jelang lebaran Hari Raya Idul Fitrih ini. Karena dari permintaan sapi dari Pulau Madura ke Jawa, sudah meningkat," tutur Agus. (*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration