Ekonomi

Tak Perlu Khawatir, Stok Daging di Banyuwangi Aman Hingga Lebaran

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:07 | 40.17k
Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi Sidak Terkait Stok daging di Pasaran (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi Sidak Terkait Stok daging di Pasaran (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi memastikan ketersediaan Daging sapi hingga Lebaran tercukupi. Saat ini stok daging yang ada mencapai 6 ton per hari. Oleh sebab itu masyarakat tidak perlu khawatir jika kehabisan daging sapi dan ayam.

Kepala Dinas Pertanian Arief Setiawan mengatakan, bahwa Banyuwangi sudah bisa swasembada daging. Untuk populasi sapi terdapat 119 ribu ekor. Per hari, terdapat stok daging sapi sebanyak 6 ton. Sedangkan untuk konsumsi daging sapi di Banyuwangi mencapai 4,6 ton per hari. 

“Hal yang sama juga terjadi di daging ayam. Saat ini ada ayam 1,2 juta ekor, dengan stok per hari sebesar 13 ton. Untuk ayam itu konsumsi di Banyuwangi mencapai 11 ton perhari. Sisanya dikirim ke Kabupaten tetangga," kata Arief, Jumat,(24/05/2019).

Daging-ayam.jpg

Arif menambahkan pihaknya telah menggelar sidak di sejumlah pasar di Banyuwangi. Mereka memantau stok ketersediaan daging ayam dan sapi. Tak hanya itu, mereka juga melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel daging, untuk menjaga kesehatan dan kelayakan konsumsi daging. 

Dalam sidak itu, satu persatu daging ayam dan sapi dari pedagang dan jagal hewan diperiksa. Masing masing daging tersebut diambil sampel untuk diuji lab.

Dari hasil sidak, Arief mengungkapkan di beberapa lokasi pasar di Banyuwangi tidak ditemukan daging sapi gelonggongan, ayam tiren (mati kemarin) maupun yang tak layak konsumsi.

Arif menjamin jika daging aman dan layak konsumsi, karena pedagang memotong sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), yang mana di RPH itu sudah ada lisensi ASUH, aman, sehat, utuh dan halal. 

Pasar-ayam.jpg

Dalam sidak tersebut, pihaknya juga melakukan survei harga dan stok daging di masing-masing lapak. 

"Kita lakukan ini pada setiap bulan Ramadan menjelang hari raya. Kita memastikan daging ayam dan sapi sehat di konsumsi oleh masyarakat. Selain itu stoknya juga ada," ujar Arief

Arief mengaku, kegiatan sidak kesehatan dan pengawasan stok daging di Banyuwangi akan terus dilakukan hingga Lebaran nanti. Pihaknya mengerahkan seluruh petugas bidang peternakan untuk turun ke beberapa pasar di Banyuwangi.

"Kita pantau terus. Mengenai harga untuk saat ini normal. Daging sapi Rp 129 ribuan sementara ayam sekitar Rp 30 ribuan," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES