Peristiwa - Daerah

Manfaatkan Dana Desa, Desa Tenggir Luncurkan Inovasi Kartu Tenggir Sehat

Manfaatkan Dana Desa, Desa Tenggir Luncurkan Inovasi Kartu Tenggir Sehat Sosialisasi dan Penyerahan Kartu Tenggir Sehat yang di berikan oleh Kades Tenggir Surnaedi yang di Saksikan Camat Panji Anna Kusuma di Desa Tenggir (FOTO: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)
Jum'at, 24 Mei 2019 - 08:35

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Munculnya UU Desa dan Permendagri soal Pengelolaan Keuangan Desa, dimanfaatkan Desa Tenggir Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo Bumi Sholawat Nariyah Jawa Timur untuk meluncurkan Program Inovasi Kartu Tenggir Sehat (KTS) dengan memanfatkan Dana Desa (DD).

Surnaedi Kepala Desa Tenggir menyampaikan, Kartu Tenggir Sehat (KTS) merupakan program inovasi desa yang sepenuhnya dibebankan terhadap Dana Desa (DD).

Program ini bekerjasama dengan Puskesmas Panji dalam hal pelayanan kesehatan bagi masyarakat Desa Tenggir yang tidak tercover dalam data penduduk miskin di Kabupaten Situbondo.

Kartu-Tenggir-Sehat2.jpg

Lebih lanjut Surnaedi menjelaskan, bahwa program ini sengaja dirintis untuk mewujudkan kepeduliannya pemerintah desa kepada masyarakat khususnya warga masyarakat yang tidak tercover dalam BPJS, KIS, SPM, ataupun program kesehatan lainnya.

Dengan program ini, Kepala Desa Tenggir berharap agar masyarakat dapat berobat secara gratis di Puskesmas dan tidak perlu membayar uang bulanan. "Semoga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang kurang mampu," ucap Kades Tenggir.

Kartu-Tenggir-Sehat3.jpg

Sementara itu Pendamping Lokal Desa (PLD) Irham Bayanis menuturkan, bahwa program ini sudah melalui tahapan Musdes RKPDesa dan APBDesa. Bahkan menjadi usulan prioritas masyarakat agar besarnya DD bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat.

Irham berharap program Kartu Tenggir Sehat (KTS) dapat direplikasi oleh sejumlah desa dampingannya di Kecamatan Panji "Karena menurutnya banyak masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Irham menambahkan, fungsi Dana Desa diantaranya, selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga mengamanatkan layanan dasar seperti pendidikan dan layanan kesehatan. "Salah satunya seperti program inovasi Kartu Tenggir Sehat ini," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Fawaid Aziz
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Situbondo

Komentar

Loading...
Registration