Gaya Hidup

Tips Aman Mudik Lebaran untuk Ibu Hamil

Tips Aman Mudik Lebaran untuk Ibu Hamil Ilustrasi - Tips mudik untuk ibu hamil (foto:Freepik)
Jum'at, 24 Mei 2019 - 05:34

TIMESINDONESIA, JAKARTAMudik lebaran selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Mereka menantikan saat ini untuk berkumpul dengan keluarga besar. Namun, Anda yang sedang hamil harus ekstra hati-hati saat melakukan perjalanan mudik. Mudik saat hamil tidak boleh sembarangan. Lalu, apa saja yang harus dilakukan ibu hamil agar aman saat melakukan perjalanan mudik?

Dilansir dari himedik.com, pertama-tama yang harus diperhatikan, ibu hamil wajib terlebih dahulu bertemu dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk berkonsultasi mengenai perkembangan janin dan kondisi terkini.

Hal itu dilakukan karena perjalanan mudik biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan membutuhkan kondisi fisik serta mental yang prima.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Pondok Indah, dr. Muhammad Fadli, Sp.OG, waktu paling aman bagi ibu hamil melakukan perjalanan jauh adalah pada trimester kedua kehamilan.

"Saat itu biasanya ibu hamil sudah melewati masa-masa mual dan muntah. Cermati juga apakah ibu hamil pernah memiliki riwayat pendarahan atau kontraksi dini sebelumnya. Hal ini bisa menjadi faktor risiko yang membahayakan ibu dan janin saat perjalanan mudik," jelasnya.

Calon ibu juga harus sudah melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan janin.

Selain itu, pemilihan moda transportasi juga menjadi faktor utama yang harus dipikirkan matang-matang.

Dr Fadli juga menyarankan ibu hamil untuk memilih moda transportasi yang memiliki waktu tempuh paling singkat. Atau setidaknya transportasi yang memungkinkan ibu hamil untuk berhenti di rest area secara periodik untuk beristirahat atau peregangan.

Tips mudik saat hamil selanjutnya yang tak kalah penting adalah pastikan juga ibu hamil terhidrasi dengan cukup, optimalkan minum air putih minimal dua liter per hari selama perjalanan mudik lebaran. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Loading...
Registration