Peristiwa Daerah

NU Kota Cirebon I Ajak Masyarakat Indonesia Rajut Kembali Persatuan Pasca Pemilu 2019

Kamis, 23 Mei 2019 - 22:45 | 54.59k
Wakil Ketua PCNU Kota Cirebon I, KH Andi Yusuf (FOTO:PCNU Kota Cirebon I For TIMES Indonesia)
Wakil Ketua PCNU Kota Cirebon I, KH Andi Yusuf (FOTO:PCNU Kota Cirebon I For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama Kota Cirebon I (NU Kota Cirebon I) berharap masyarakat Indonesia dapat kembali merajut persaudaraan dan persatuan pasca Pemilu 2019

Hal ini mengingat adanya kerusuhan aksi demonstrasi di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) yang menentang hasil dari rekapitulasi suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) sejak Selasa (21/5/2019) hingga Rabu (22/5/2019).

"Kita juga sama-sama berdoa untuk kebaikan bangsa dan negara.  

Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk kembali bersatu dan merajut persaudaraan untuk keutuhan NKRI," ucap Wakil Ketua PCNU Kota Cirebon KH Andi Yusuf kepada TIMES Indonesia secara tertulis, Jakarta, Kamis (23/5/2019). 

Lebih lanjut, pihaknya juga mendukung TNI-Polri sebagai perekat Kesatuan dan Persatuan Bangsa Indonesia.

Di sisi lain, menanggapi adanya seruan jihad dari salah satu kubu dalam Pilpres 2019. Kiai Andi mengatakan aksi yang berujung anarkis itu sebenarnya tidak ada di peperangan Rasulullah.

Kiai Andi menuturkan perintah perang selalu dari Allah, tidak serta merta dari pribadi Rasulullah sendiri dan sebelum perang itu dilakukan oleh Rasulullah. 

Artinya ada upaya damai terlebih dahulu yang dilakukan dengan mengirimkan utusan. Jika sudah dilakukan kemudian tidak bisa kemudian akhirnya mendapatkan perintah dari Allah, itulah baru jihad sebenarnya di dalam peperangan untuk agama Islam.

Dan sekarang, dengan konteks seperti itu tidak bisa disamakan dengan aksi yang berhubungan dengan Pemilu 2019, apalagi yang berujung anarkis dengan jihad. "Nah di bulan Ramadhan inilah jihad yang terbesar dan sesungguhnya yaitu jihad melawan hawa nafsu, menahan hawa nafsu untuk tidak terprovokasi dan menjaga tali persatuan dan kesatuan," imbuh Wakil Ketua NU Kota Cirebon ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES