Ekonomi

KRL Alami Kerugian Penumpang Akibat Aksi 22 Mei   

Kamis, 23 Mei 2019 - 22:34 | 40.47k
Suasana penumpang KRL di stasiun Tanah abang, (FOTO: Ainul Yaqin/TIMES Indonesia)
Suasana penumpang KRL di stasiun Tanah abang, (FOTO: Ainul Yaqin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti mengatakan kerusuhan aksi 22 Mei berdampak akan penurunan volume penumpang transportasi Kereta Rel Listrik (KRL).

"Kalau untuk volume penumpang hilang sekitar 300 ribu penumpang di tanggal 22 Mei. Pada 21 Mei sekitar 1 juta volume penumpang, tanggal 22 menjadi 728 ribu volume penumpang karena dua stasiun ditutup," kata Wiwik kepada wartawan di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Akibat aksi yang menuntut hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 ini, dua stasiun KRL yakni Stasiun Palmerah dan Tanah Abang ditutup. Ia menjelaskan alasan pihaknya memilih untuk menutup Stasiun Palmerah dan Tanah Abang karena demi keamanan penumpang.

"Kita berharap normal. Tapi kami mengutamakan keselamatan aset di stasiun Tanah Abang dan keselamatan penumpang. Aksi masa di flyover Jati Baru di atas peron-peron ini kan bahaya. Yang dilempar kan ada batu yang ditakuti bahan mudah terbakar. Oleh karena itu peron Stasiun Tanah Abang dikosongkan. Kereta juga kami kosongkan," jelasnya.

Peristiwa ini juga merugikan secara finansial terhadap PT KAI. Namun, Wiwik tidak dapat menjelaskan kerugian yang dialami oleh pihaknya tersebut.

"Kerugian jelas ada ya. Tim pengamanan bekerja sama TNI Polri. Stasiun baik-baik saja. Ada support penumpang juga yang bersama menjaga. Masalah yang ada pelemparan ke stasiun Tanah Abang itu di luar memberi kekhawatiran, di dalam stasiun kondusif," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, massa aksi 22 Mei terlibat bentrok dengan petugas kepolisian di kawasan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada sejak Selasa (21/5/2019) hingga Rabu 22 Mei 2019 hingga menyebabkan beberapa titik Stasiun KRL menghentikan operasionalnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES