Peristiwa - Daerah

Sukses Meraih Opini WTP Bukti Pemkab Ponorogo Tertib Administrasi

Sukses Meraih Opini WTP Bukti Pemkab Ponorogo Tertib Administrasi Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni bersama para penerima WTP daerah lain dan Kepala BPK Perwakilan Jatim. (Foto : Humas Ponorogo/TIMESPonorogo)
Kamis, 23 Mei 2019 - 21:38

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Menerima hasil laporan keuangan daerah dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kali ke tujuh merupakan kebanggaan bagi Pemkab Ponorogo. Opini WTP menjadi bukti pemkab sudah melaksanakan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah. 

"Semua aturan dan sistem yang dibuat kita ikuti saja. Pemeriksaan BPK untuk memastikan tertib administrasi dan mencegah kebocoran keuangan daerah," ujar Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisssoni, Kamis (23/5/2019). 

Menurut Ipong, mewujudkan tertib administrasi merupakan kewajiban pemkab. Tertib administrasi di bidang keuangan merupakan bagian mewujudkan pemerintahan yang akuntabel.  

"Ini merupakan bagian dari proses berpemerintahan. Tugas pemkab membuat laporan dan BPK mengaudit," paparnya.bupati-ponorogo.jpgDalam proses pelaksanaan tertib administrasi bukan berarti tanpa kendala. Terutama untuk transaksi yang melibatkan pihak ketiga atau rekanan. Terkadang dalam pertanggungjawaban keuangan ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi.

"Pemkab tidak sendiri ada pihak ketiga yang terlibat. Sepanjang rekomendasi dari BPK kita tindaklanjuti ya tidak ada masalah. Misal ada kelebihan bayar, kalau sudah dikembalikan berarti selesai," jelas Ipong.

Mendapatkan opini WTP untuk laporan keuangan daerah menjadi target semua daerah. Tidak terkecuali Pemkab Ponorogo. Karena merupakan bentuk pertanggungjawaban kinerja Pemkab kepada masyarakat Ponorogo. (*)

Jurnalis : Evita Mukharomah (MG-74)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration