Peristiwa - Daerah

Dinkes Kota Batu Periksa Mamin yang Dijajakan Sejumlah PKL

Dinkes Kota Batu Periksa Mamin yang Dijajakan Sejumlah PKL Petugas saat memeriksa jajanan di PKL Alun-Alun Kota Batu. (FOTO: Aditya Hendra Permana/TIMES Indonesia)
Kamis, 23 Mei 2019 - 20:15

TIMESINDONESIA, BATU – Menciptakan rasa nyaman untuk wisatawan saat jajan makanan olahan di Kota Batu, Dinas Kesehatan Kota Batu (Dinkes Kota Batu) menggelar operasi pemeriksaan Makanan dan Minuman (mamin) di sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-Alun Kota Batu.

Operasi makanan dan minuman yang dilaksanakan hari Kamis (23/5/2019) ini dilakukan untuk mengetahui apakah jajanan rakyat tersebut mengandung pewarna berlebih atau bahan berbahaya lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari mengatakan pemeriksaan Mamin ini dilaksanakan oleh tim terpadu terdiri dari Dinas Kesehatan, Diskumdag, Satpol PP, Kominfo.

Dinkes-Batu.jpg

“Tim ini melakukan pemeriksaan apakah makanan siap saji ini mengandung bahan pewarna berlebihan atau barang berbahaya lainnya. Sasarannya makanan siap saji, takjil dan makanan lain yang siap makan, bukan makanan olahan,” ujar Kartika.

Menurut Kartika, Tim tidak hanya memeriksa fisik makanan secara Kasat mata, namun melakukan pemeriksaan makanan cepat dengan menggunakan perlengkapan rapid test.

Dimana melalui tes ini, petugas mengetahui kandungan makanan, apakah masih menggunakan bahan berbahaya seperti Borax atau Formalin.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum kita ketemukan makanan yang menggunakan bahan berbahaya,” kata Kartika.

Seandainya ditemukan, maka pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap pedagang. Hari pertama pemeriksaan dilakukan di lokasi Pameran Pasar Murah Ramadhan di Balai Kota Among Tani.

Pemeriksaan mamin yang dijajakan di sentra PKL oleh Dinkes Kota Batu itu kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan di PKL Alun-Alun Kota Batu. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration