Minggu, 15 September 2019
Tekno

Waspada! Ini Risiko Bila Menggunakan VPN Gratis

Waspada! Ini Risiko Bila Menggunakan VPN Gratis Ilustrasi aplikasi VPN di sebuah ponsel. (FOTO: Shuttertock)
Kamis, 23 Mei 2019 - 18:08

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyusul keputusan pemerintah membatasi pengiriman foto dan video melalui aplikasi chatting seperti Whatsapp, dan sejumlah media sosial lainnya, membuat sejumlah pengguna smartphone mengakalinya dengan memasang VPN (Virtual Private Network) gratis.

Namun, masyarakat diharapkan tetap berhati hati dengan risiko yang terjadi jika menggunakan VPN gratisan itu.

Dilansir dari lifehacker.com (23/5/2019) sebuah penelitian dilakukan para peneliti dari data  61/CSIRO, UC Berkeley, UNSW Sydney dan UCSI. Penelitian mereka menunjukan jika aplikasi android dan IOS VPN ternyata cukup berisiko. Ada 238 aplikasi VPN yang diuji oleh para peneliti tersebut, hasilnya beberapa bahaya, antara lain

1. Trojan: sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan, tujuan trojan adalah memperoleh info dari target dan mengendalikan target.

2. Adware: jenis perangkat lunak berbahaya yang memasang dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan ketika pengguna berselancar di internet.

3. Malvertising: seperti halnya Adware, namun biasanya menyuntikkan iklan berbahaya atau bahkan malware ke dalam jaringan periklanan Online halaman Web yang sah.

4. Spyware: program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencari data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

Demikian sejumlah risiko bila Anda menggunakan VPN gratis dalam smartphone Anda. (*)

Jurnalis : Muh. Rofi'i (MG-92)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration