Peristiwa Daerah

Inilah Keuntungan Jasa Tukar Uang Musiman Menjelang Lebaran

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:35 | 181.72k
Banner lapak Jasa Penukaran uang Baru di Jalan Kenangan Kota Blitar,Kamis (23/5/2019). (FOTO: Sholeh /TIMES Indonesia)
Banner lapak Jasa Penukaran uang Baru di Jalan Kenangan Kota Blitar,Kamis (23/5/2019). (FOTO: Sholeh /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Selain diramaikan oleh pedagang kuliner dadakan di pinggir jalan, bulan Ramadhan juga identik dengan jasa penukaran uang musiman menjelang lebaran. Sejak awal bulan Ramadhan, mulai banyak masyarakat yang membuka lapak penukaran uang baru di beberapa ruas jalan di kota Blitar. Ternyata, keuntungannya luas biasa.

Seperti yang dilakukan Alam, seorang warga Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, yang membuka lapak di Jalan Kenanga Kota Blitar.

"Saya membuka lapak sejak hari pertama Ramadhan. Saya berjualan mulai pukul 08.00 wib sampai pukul 17.00 wib," jelas pria 54 tahun ini kepada TIMES Indonesia Kamis (23/5/2019).

Meskipun hanya berlangsung sebulan, Bisnis musiman ini ternyata sangat menguntungkan karena hasil yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah. Alam mengaku sekitar Rp 3,5 juta uang per hari yang telah ditukarkan di lapaknya, dia bisa mendapatkan untung sekitar Rp 250.000 sampai Rp 300.000.

"Kalau masih awal puasa saya ambil jasa hanya Rp 6000 per plastik. Tapi kalau sudah H-10 lebaran, bisa sampai 10 persen ambil uang jasanya," kata Alam.

Menurut pengakuan Alam, sebelum diecer,dia menukarkan sebanyak Rp 50 juta ke bandar. Bandar itu merupakan temannya dari Jakarta yang punya akses ke bank untuk mendapatkan uang baru. Dari Rp 50 juta itu dia membayar uang jasa pada sang bandar sebesar Rp 2 juta.

"Dari Rp 50 juta yang saya tukar itu, saya bisa dapat keuntungan sampai Rp 5 juta," urainya.

Namun, menurut Alam, omzetnya tahun lalu berkurang, Selain karena banyak jasa tukar uanga tersebar sampai ke desa-desa, pemerintahan Jokowi dinilainya juga mempermudah akses masyarakat luas untuk menukarkan uang baru ke bank.

"Saya biasanya suruh yang nukar memeriksa semua dulu sebelum dibawa. Dihitung satu satu biar masyarakat yakin kalau itu pas dan asli. Tidak ada yang dirugikan," aku Alam, yang sudah rutin setiap tahunnya membuka lapak jasa penukaran uang untuk lebaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES