Indonesia Positif

Babinsa Gugut Kodim 0824 Jember Bantu Petani Benahi DAM Tapen yang Jebol

Kamis, 23 Mei 2019 - 14:08 | 59.56k
Kerjabakti Petani dengan Babinsa Benahi DAM Tapen yang Jebol. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kerjabakti Petani dengan Babinsa Benahi DAM Tapen yang Jebol. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Jebolnya DAM atau pengatur saluran iigasi Tapen yang berada di Dusun Krajan, Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji, Jember beberapa waktu yang lalu, pada Kamis (23/5/2019)  mendapatkan penanganan dari Dinas Pengairan Kabupaten Jember, masyarakat, dan Babinsa Gugut Serka Sismadi Koramil 0824/13 Rambipuji Kodim 0824 Jember.

Bersama petugas dari Dinas Pengairan Kabupaten Jember 4 orang dipimpin Mustahar, mendukung  bronjong (anyaman kawat penahan batu), 30 orang masyarakat petani, bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Sismadi melaksanakan kerja bakti penanganan terhadap bagian DAM Tapen yang Jebol dan menutup aliran air irigasi.

Saluran irigasi yang tertimbun reruntuhan jebolnya DAM Tapen tersebut mengarah ke pertanian di Desa Gugut yang berpotensi mengairi 260 hektare sawah petani.

"Debit airnya berkurang hingga tinggal 20%, sehingga petani kesulitan dalam mengairi sawahnya. Dengan penanganan menggunakan bronjong tersebut diharapkan mampu menormalisir saluran irigasi tersebut," kata Serka Sismadi.

Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Abd. Latif, kegiatan Babinsa tersebut merupakan bagian dari karya bakti TNI yang harus dilakukan sepanjang tahun.

"Sekaligus dalam rangka pendampingan program ketahanan pangan nasional yang harus dilakukan oleh Babinsa di wilayah desa binaannya," terangnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berupaya menangani permasalahan jebolnya DAM Tapen bagi petani. "Upaya tersebut tentunya dalam rangka menjaga stabilitas produksi pertanian di wilayah Rambipuji  khususnya dan di Kabupaten Jember pada umumnya, dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES