Kesehatan

Awas! Ini Enam Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

Awas! Ini Enam Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku Ilustrasi - bahaya kebiasaan menggigit kuku(FOTO: journal.sociolla)
Kamis, 23 Mei 2019 - 06:16

TIMESINDONESIA, JAKARTAKebiasaan menggigit kuku atau dalam istilah medis sering disebut onychophagia bisa dialami oleh siapa saja. Penyebab kebiasaan ini juga tidak bisa diketahui secara pasti. Meski terlihat sepele, menggigit kuku sebenarnya bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, lho.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini berbagai dampak buruk untuk kesehatan akibat kebiasaan menggigit kuku.

1. Infeksi

Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila Anda sering menggigiti kuku, terutama dalam ukuran yang cukup besar. Pada saat kuku Anda tercabut, maka kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Nah, bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Infeksi yang paling sering terjadi pada daerah tersebut adalah paronikia. Paronikia adalah infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

2. Herpetic whitlow

Bahaya dari sering menggigit kuku lainnya adalah terkena herpes tangan atau herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2.

Gejala yang paling sering muncul dari penyakit ini adalah demam dan rasa kebas pada jari yang terkena infeksi. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut karena sering menggigiti kuku, segera periksakan ke dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.

3. Masalah pada gigi

Selain merusak kuku tangan Anda, kebiasaan ini juga membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda. Ternyata, posisi gigi Anda bisa bergeser dari tempatnya dan juga menyebabkan gigi atau email gigi pecah. Tidak hanya itu, gusi Anda juga berisiko tinggi terkena infeksi dan mengalami pembengkakan.

4. Peradangan pada kuku

Bahaya menggigit kuku paling umum adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku Anda. Hal tersebut disebabkan oleh air liur Anda yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan.

Karena tujuannya untuk memperlancar pencernaan, air liur yang keluar saat menggigiti kuku membahayakan kulit jari Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah, dan merusak kulit di sekitar kuku Anda.

5. Pertumbuhan kuku tidak normal

Selain berefek buruk pada kesehatan Anda, kebiasaan menggigit kuku juga membuat kuku Anda tumbuh ke dalam. Lapisan generatif pada kuku Anda yang disebut dengan ‘matriks’ adalah sebuah tempat yang menjadi fondasi ketika kuku Anda tumbuh.

Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan tersebut dapat rusak dan menyebabkan pertumbuhan ke dalam atau kelainan pada kuku.

6. Sakit perut

Bahaya untuk kesehatan tubuh karena kebiasaan menggigiti kuku ini juga dapat membahayakan perut Anda. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada di tangan Anda biasanya senang bersembunyi di balik kuku. Ketika Anda menggigit kuku, bukan tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan Anda. Agar tak mengalami ini, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan menggigit kuku ini. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Registration