Gaya Hidup

Yuk, Kenali Penyebab Sembelit saat Puasa Ramadhan

Yuk, Kenali Penyebab Sembelit saat Puasa Ramadhan Ilustrasi - tips mengatasi sembelit (Foto: Prenagen)
Kamis, 23 Mei 2019 - 03:25

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sembelit menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami saat puasa Ramadhan. Selama berpuasa terjadi pengurangan asupan makanan. Hal ini juga turut berkontribusi menjadi penyebab terjadinya konstipasi atau sembelit. Untuk mencegah sembelit saat puasa, yuk hindari penyebab sembelit berikut.

1. Asupan makanan yang berkurang

Ketika jumlah asupan makanan menurun karena puasa, maka tidak ada bahan sisa yang cukup untuk membentuk feses. Intinya, usus pun menjadi “kosong”. Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka sekalipun belum cukup untuk membentuk feses yang lunak namun padat.

2. Kurang serat

Serat makanan adalah komponen penting untuk menghasilkan tinja yang lunak atau padat. Sedangkan, salah satu penyebab utama sembelit adalah asupan yang tidak memenuhi kebutuhan serat harian.

Padahal, serat tetap berada di usus dan akan menyerap air untuk menjaga feses tetap lunak karena tidak dapat diserap oleh tubuh manusia. Peran serat inilah yang seharusnya membantu buang air besar menjadi lancar.

3. Dehidrasi

Saat berpuasa, pastinya Anda akan mengalami dehidrasi. Asupan cairan yang terhenti dan elektrolit yang terus dikeluarkan dari tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, apalagi bila Anda berkegiatan di lingkungan panas atau melakukan aktivitas fisik yang berat.

Kurangnya asupan air akan membuat tinja keras,sehingga sulit dikeluarkan saat buang air besar.

4. Kelenjar tiroid yang kurang aktif

Aktivitas tiroid melambat selama periode puasa. Kondisi ini juga dikenal sebagai hipotiroidisme yang dipicu oleh kosongnya perut saat puasa. Akibatnya, muncul gejala yang salah satunya ditandai dengan sembelit atau susah buang air besar.

5. Kadar gula darah rendah

Hipoglikemia (kadar gula darah rendah) adalah konsekuensi umum dari puasa Ramadhan. Kondisi ini ditandai dengan tubuh yang kurang berenergi, serta merasa lelah dan lemah saat berpuasa. Akibatnya, pergerakan usus pun menjadi lebih lambat dan bisa menjadi penyebab sembelit. Itulah sebabnya bagi Anda yang berpuasa disarankan mengonsumsi kurma yang manis saat berbuka. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Loading...
Registration