Gaya Hidup

Kiat Mengatasi Sariawan saat Puasa Ramadhan

Kiat Mengatasi Sariawan saat Puasa Ramadhan Ilustrasi - Tips mengatasi sariawan (FOTO: hellosehat)
Kamis, 23 Mei 2019 - 05:28

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kondisi mulut yang kering saat puasa Ramadhan bisa memicu sariawan. Bila Anda mengalami sariawan saat puasa, tentu terasa sangat mengganggu. Agar sariawan segera sembuh, atasi dengan cara yang tepat. Apa saja kiat mengatasi sariawan yang bisa dilakukan saat puasa?

Berikut ini tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sariawan.

1. Oleskan obat sariawan dua kali sehari

Untuk mengatasi sariawan, Anda bisa mengoleskan obat sariawan menggunakan cotton bud. Oleskan obat sariawan 2 kali sehari, yaitu usai berbuka puasa dan sahur, setelah menyikat gigi.

2. Berkumur dengan minyak kelapa

Berkumur dengan 1 sdm minyak kelapa murni (virgin coconut oil) juga bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan. Lakukan sebanyak 3 kali sehari. Minyak kelapa murni ini juga dapat membantu mengurangi rasa perih akibat sariawan.

3. Mengoleskan madu

Anda juga bisa mengoleskan madu agar sariawan cepat sembuh. Pasalbya, madu juga sangat efektif mengatasi sariawan. Tapi ingat, oleskan madu setelah berbuka puasa saja.

4. Kumur air garam dan soda kue

Cara selanjutnya untuk mengatasi sariawan adalah kumur dengan air campuran garam dan soda kue. Air garam dapat membantu menarik cairan ke dalam jaringan yang meradang, sehingga sariawan dapat sembuh lebih cepat.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan saat puasa Ramadhan. Untuk mencegahnya timbul kembali, hindari berkumur dengan cairan antiseptik secara berlebihan. Karena kadar alkohol yang terkandung di dalamnya sangat tinggi, sehingga retan membuat mulut semakin kering. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration