Kesehatan

Tips Mudik, Membawa Bekal Mudik Agar Tubuh Tetap Fit

Tips Mudik, Membawa Bekal Mudik Agar Tubuh Tetap Fit Ilustrasi - Mudik (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Kamis, 23 Mei 2019 - 02:24

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman saat puasa membutuhkan persiapan yang matang. Salah satu tips mudik yang perlu diperhatikan adalah mengonsumsi berbagai makanan sehat yang kaya akan nutrisi agar tubuh tetap fit saat mudik. Berikut ini nutrisi yang harus ada saat membawa bekal makanan dalam perjalanan mudik.

1. Karbohidrat

Karbohidrat harus selalu ada di waktu sahur maupun berbuka puasa. Nutrisi ini berperan sebagai sumber energi utama, maka itu sangat penting. Saat sahur sebaiknya konsumsi jenis karbohidrat kompleks yang bisa membuat Anda kenyang tahan lama.

Contoh karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, bihun, atau mie. Anda bisa memilih jenis karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat seperti nasi merah atau roti gandum supaya tidak mudah lapar.

Sebaliknya, saat berbuka Anda bisa memilih makanan manis atau jenis karbohidrat sederhana lainnya untuk menggantikan energi tubuh yang habis setelah seharian berpuasa.

2. Protein

Makanan tinggi protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang kaya akan karbohidrat dan lemak. Selain itu, makanan tinggi protein juga membantu tubuh membentuk otot dan jaringan baru.

Jadi pastikan makanan sumber protein seperti daging sapi, daging ayam, ikan, telur, tempe, dan tahu, ada di dalam menu makan sahur maupun berbuka puasa.

3. Lemak

Lemak dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi utama, sama seperti karbohidrat dan protein. Lemak mengandung energi yang cukup besar yakni sebanyak 9 kkal. Tak hanya itu, lemak juga bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap vitamin yang berasal dari makanan maupun suplemen.

4. Serat

Makanan kaya serat memiliki efek yang sama dengan makanan yang kaya akan protein. Makanan tinggi serat dapat menahan rasa lapar selama seharian. Selain itu, serat juga membantu menyehatkan sistem pencernaan.

5. Air

Sebanyak 60 persen tubuh tersusun atas air. Untuk itu, mencukupi kebutuhan air setiap hari menjadi hal wajib, bahkan saat bulan puasa tiba. Mencukupi cairan tubuh setiap hari selama puasa dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

6. Vitamin dan mineral

Agar tubuh tetap fit saat mudik, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi. Pasalnya ketika puasa, tubuh jadi lebih mudah kehilangan vitamin dan mineral akibat kekurangan cairan dan pola makan yang berubah. Bila kekurangan vitamin dan mineral akan membuat tubuh jadi mudah sakit. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration