Peristiwa - Daerah

31 Supir Kendaraan Umum Dites Urine, Hasilnya Negatif

31 Supir Kendaraan Umum Dites Urine, Hasilnya Negatif Kasatlantas mengecek kelaikan bus antar kota, Rabu (22/5/2019). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
Rabu, 22 Mei 2019 - 20:06

TIMESINDONESIA, BLITAR – Satlantas bersama Satnarkoba Polres Blitar, BNNK Blitar dan Dishub Kabupaten Blitar melaksanakan tes urine kepada sopir kendaraan angkutan umum. Petugas juga melakukan uji kelaiakan kendaraan angkutan umum menjelang mudik Lebaran 2019, Rabu (22/5/2019) di Jembatan Timbang Blitar.

Hasilnya, dari 31 sopir yang menjalani tes urine, semuanya negatif dari penggunaan narkoba dan minuman beralkohol.

"Sedangkan hasil uji kelaikan kendaraan, ada 2 truk yg tidak laik jalan," jelas Kasatlantas Polres Blitar, AKP Muhammad Amirul Hakim.

Kasatlantas-mengecek-kelaikan-bus-antar-kota-a.jpg

Amirul menjelaskan, tes urine merupakan kegiatan rutin setiap tahun menjelang mudik lebaran. Hal itu dilakukan dalam upaya menekan angka kecelakaan.

"Sesuai harapan kita, tes urine untuk mengantisipasi jangan sampai ada supir yang minum minuman beralkohol atau menggunakan obat terlarang," jelasnya.

Amirul menambahkan, jika supir kedapatan memakai narkoba atau minuman alkohol pihaknya tidak akan memperbolehkan mereka melanjutkan perjalanan karena sangat membahayakan pengemudi Itu sendiri dan juga penumpang.

"Tes sistemnya random, tidak rutin dilaksanakan setiap hari sehingga akan lebih efektif dan mungkin bisa lebih tepat sasaran," tegas Amirul. (*)

Jurnalis : Muhammad Sholeh (MG-87)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Blitar

Komentar

Loading...
Registration