Peristiwa - Daerah

Baznas Gresik Galakkan Gemar Zakat di Lingkup Kampus

Baznas Gresik Galakkan Gemar Zakat di Lingkup Kampus Pengurus UPZ STEI Kassi saat dilantikKepala Kantor Baznas Gresik, Muhtadin (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Rabu, 22 Mei 2019 - 19:47

TIMESINDONESIA, GRESIK – Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Gresik, Jawa Timur, menggalakkan gemar zakat di lingkup kampus. Hal ini untuk mengoptimalkan penerimaan zakat infaq dan sedekah.

Untuk yang pertama kali di Gresik, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) STEI Kassi (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Sidayu) Gresik dilantik, Rabu (22/5/2019) sore, mereka dituntut untuk mewadahi para Muzakki dalam menyalurkan zakat.

Kepala Kantor Baznas Gresik, Muhtadin mengatakan, UPZ STEI Kassi merupakan salah satu unit pengumpul zakat yang pertama hadir di lingkup kampus.

"UPZ ini sebagai pilot project atau percontohan. Semoga ini sebagai awal baik anatara Baznas Gresik dan instansi kampus di Gresik," katanya.

Muhtadin menyatakan, untuk membesarkan UPZ dibutuhkan tantangan besar. Pengurus harus mampu menjadi contoh kepada calon penyalur zakat atau Muzakki.

Pelaksana zakat menghimpun segala sumber dana amal, yaitu zakat, sedekah untuk kemudian didayagunakan melalui sistem satu pintu.

Unit ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan pengelolaan zakat serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Intinya 36 pengurus yang dilantik ini harus menjadi contoh bagi yang lain. Kiatnya, UPZ harus mengumpulkan zakat internal yayasan dulu, kemudian ke masyarakat dan masyarakat sekitar perusahaan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua STEI Kassi Gresik Ali Afandi berharap adanya UPZ ini bisa menjadi unit yang bisa menghimpun dana zakat infaq dari mahasiswa, dosen, yayasan, keluarga mahasiswa maupun masyarakat sekitar.

Selain itu, dikatakan Ali, unit ini dapat memberikan manfaat bagi internal kampus maupun masyarakat sekitarnya. Dalam sebulan berjalan, UPZ yang naru saja dilantik itu mengumpulkan dana sekitar 12 juta.

"Dan hari ini langsung kita salurkan. Semoga unit penyalur zakat disini bisa berkembang dan dapat dicontoh kampus lain agar gemar zakat di lingkup kampus seperti apa yang dikampanyekan Baznas Gresik," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Loading...
Registration