Peristiwa - Nasional

Wacana Jokowi-Prabowo Bertemu, Ini Respons Ketum Golkar Airlangga Hartarto

Wacana Jokowi-Prabowo Bertemu, Ini Respons Ketum Golkar Airlangga Hartarto Airlangga Hartarto. (dok/TI)
Rabu, 22 Mei 2019 - 18:12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dewan Penasihat TKN duet Jokowi - KH Ma'ruf Amin yang juga Ketum Golkar Airlangga Hartarto, menanggapi berbagai desakan agar Jokowi dan Prabowo Subianto segera bertemu meredam kerusuhan 22 Mei.

"Ya pertemuan itu soal situasional dan kondisional saja. Namun, dengan partai-partai lain, komunikasi itu terus dibangun," kata Airlangga Hartarto usai bertemu Ma'ruf Amin, Jakarta  Rabu (22/5/2019).

Sebelumnya, Alumni Lembaga Bantuan Hukum (LBH – YLBHI) juga mendesak Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, agar tidak diam pada situasi ricuh yang ditimbulkan akibat demonstrasi 22 Mei yang dilakukan kelompok yang menolak hasil pemilu 2019. 

"Kepada Presiden RI, agar tidak diam terhadap situasi ini. Berikan kepastian keamanan dan perlindungan HAM pada rakyatnya, jika situasi bentrok terus terjadi, maka sesungguhnya korbannya adalah rakyat, dan presdien harus bertanggungjawab," ujar anggota Alumni LBH-YLBHI, Abdul Fickar Hajar lewat keterangan tertulis pada Rabu, 22 Mei 2019.

Sejak Selasa, 21 Mei 2019, gelombang aksi unjuk rasa terus berlangsung dan benturan dengan aparat keamanan terus terjadi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut enam orang meninggal dalam perawatan di sejumlah rumah sakit akibat bentrokan massa dengan aparat gabungan Brimob dan TNI sepanjang Selasa malam dan Rabu dinihari 21-22 Mei 2019.


Menurut Airlangga, sejauh ini komunikasi antar partai sebetulnya cair. "Jadi harapannya dengan situasi tersebut apalagi seluruh partai sudah menerima hasil Pileg seluruh partai, eskalasi persoalan yang timbul hari ini diharapkan bisa segera diredam," ujar Airlangga.

Ketua Umum Golkar ini pun menyampaikan keprihatinannya dengan situasi yang ada dan mengharapkan agar seluruh masyarakat bisa menjaga agar situasi tidak semakin memanas. "Kami mengharapkan kepolisian RI untuk melakukan tindakan-tindakan profesional," tandas Ketum Golkar Airlangga Hartarto, yang juga Dewan Penasihat TKN duet Jokowi - KH Ma'ruf Amin. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration