Peristiwa - Daerah

Jelang Lebaran Angkutan Umum di Ponorogo Cek Kelayakan Operasi

Jelang Lebaran Angkutan Umum di Ponorogo Cek Kelayakan Operasi Wakapolres Ponorogo Indah Wahyuni ketika melakukan pengecekan kendaraan umum. (Foto: Marhaban/TIMESIndonesia)
Rabu, 22 Mei 2019 - 17:10

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Jajaran kepolisian dari Polres Ponorogo mengecek kelayakan operasi kendaraan umum berupa bus menjelang arus mudik 2019, di terminal Seloaji Ponorogo, Rabu, (22/5/2019). Pengecekan dilakukan bersama Dinas Perhubungan Ponorogo.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan transportasi khususnya angkutan umum menjelang arus mudik lebaran," kata Wakapolres Ponorogo, Kompol Indah Wahyuni.

Dengan pengecekan tersebut, Indah berharap alat transportasi umum yang digunakan itu cukup layak membawa para pemudik, tentunya juga diharapkan dapat menekan terjadinya angka kecelakaan lalu lintas, "Sehingga lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya," tuturnya.

Pengecekan tersebut difokuskan pada administrasi teknis dan penunjang lainnya. Secara rinci berkaitan dengan administrasi adalah SIM Umum, STNK, Surat Tanda Uji Kelayakan (STUK) dan kartu pengawasan. Sedangkan unsur teknis meliputi unsur penerangan, sistem pengereman, kelayakan dan depan dan belakang.

Selanjutnya unsur penunjang yaitu pengukuran kecepatan atau spedometer, sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), kaca spion dan klakson.

Wakapolres Ponorogo, juga berpesan kepada para penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik agar lebih hati-hati. "Jangan terlalu percaya dengan orang yang baru dikenal, mereka kadang menggunakan berbagai modus untuk mengelabui penumpang lain, modusnya macam-macam, pokoknya saya harap pihak armada bisa membantu dan melindungi penumpangnya dari ancaman kejahatan," pungkas Indah Wahyuni. (*)

Jurnalis : M. Marhaban (MG-90)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration