Indonesia Positif

Simulasi Kerusuhan Terjadi di Latihan Posko-I Kodim 0824 Jember Hari Terakhir

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:59 | 48.79k
Latihan Posko Kodim 0824/Jember Hari Terakhir. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Latihan Posko Kodim 0824/Jember Hari Terakhir. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Latihan Posko-I Kodim 0824 Jember dengan materi permasalahan rusuh massa pasca-Pemilu, di hari terakhir latihan tahapannya pada dinamika yang terjadi dilapangan, terjadinya unjuk rasa, hingga adanya kejadian-kejadian yang mengarah tindakan anarkis di beberapa titik di Kabupaten Jember.

Pada saat tersebut, langkah awal dilakukan Rapat Koordinasi bersama Forkopimda. Pada rapat tersebut Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menyampaikan konsep-konsep penanganan yang akan diambil dan memohon bantuan perkuatan kepada Kodim 0824 Jember.

Turut diundang dalam Rapat Koordinasi Forkopimda dan dilibatkan dalam penanganan rusuh massa tersebut di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, Unit Pemadam Kebakaran, dan lain-lain.

Kodim-0824-Jember-2.jpg

Di hari terakhir ini diasumsikan terjadi rusuh massa di beberapa tempat dari masyarakat yang tidak puas dengan hasil Pemilu, dan kekuatan massa terkonsentrasi di kantor KPU Jember. Upaya penggembosan, penguraian dilakukan secara maksimal oleh Polri. Namun massa diasumsikan tetap bergerak sehingga aksi kerusuhan pun terjadi, penjarahan, pembakaran ban, perusakan fasilitas umum, dan lain-lain, memaksa Polri melakukan upaya membubarkan massa.

Dalam Kondisi tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar berkoordinasi dengan Kapolres untuk mengambil langkah-langkah serta perkuatan pasukan dalam meredam dan mendinginkan situasi, yang puncaknya kisruhannya ada kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember.

Seluruh pengawas dan penilai melakukan pengamatan dan penilaian terhadap situasi kerja Komandan Kodim 0824 Jember beserta staf dan jajarannya dalam melakukan bantuan perkuatan kepada Polri terkait kejadian dan permasalahan yang berkembang yang diasumsikan pada  Latihan Posko-I Kodim 0824 Jember.

Kodim-0824-Jember-3.jpg

Kepala Staf Korem 083/Bdj Letkol Arm Budi Santoso menutup acara dengan evaluasi,  pada kesempatan tersebut Letkol Arm Budi Santoso pada intinya menyampaikan terima kasih kepada para pelaku, pendukung dan jajaran penyelenggara yang telah melaksanakan latihan Posko –I Kodim 0824 Jember dengan baik, tertib dan lancar.

"Meskipun ada beberapa bagian yang tentunya masih kurang sempurna, namun secara keseluruhan sudah relatif cukup baik. Hendaknya apa yang sudah dilakukan ini untuk dapatnya dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan operasi bantuan kita kepada Polri, dalam mengatasi permasalahan di wilayah," ujar Komandan Kodim 0824 Jember(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES