Kamis, 19 September 2019
Kopi TIMES

Perempuan Indonesia Pasca Pemilu

Perempuan Indonesia Pasca Pemilu Ana Rokhmatussa’diyah, Dosen Fakultas Hukum Unisma,  Penulis Buku,  Ketua Pokja 1 TP PKK Kota Malang dan ketua Club Socialita Malang Raya. (Grafis: TIMES Indonesia)
Rabu, 22 Mei 2019 - 14:30

TIMESINDONESIA, MALANGRAKYAT Indonesia sudah menggunakan hak pilihnya pada 17 April lalu, yang bermakna, bahwa demokrasi sudah diberikan oleh “pemilik sejatinya”.  Rakyat dengan keikhlasannya sudah membuktikan secara moral dan politik, serta konstitusional  untuk memberikan yang terbaik pada negerinya.

Kita secara general paham, bahwa dari pemilu itu, rakyat bisa mengantarkan banyak elemen bangsa untuk meraih kedudukan empuk, tidak terkecuali para perempuan. Mereka diuntungkan oleh sang pemilik “suara tuhan” (vox populi, vox dei) untuk mendapatkan kursi empuk, diantaranya menjadi anggota dewan (legislative). Masalahnya, bagaimana komitmennya untuk Indonesia setidaknya khusus buat perubahan kaum perempuan di negeri ini?

Yang jelas, ketika mereka sudah di singgasana kekuasaaan, mereka harus mebdisain dirinya jadi pejuang. Dalam mempelajari peran kepejuangan perempuan Indonesia dari waktu ke waktu, mereka tidak boleh mengabaikan sejarah. Peristiwa yang terkandung dalam sejarah merupakan mutiara berharga yang bisa memberikan makna tiada tara, karena dalam sejarah ini ada sejumlah “lukisan” mengenai peran sejumlah sosok  manusia yang telah berjasa pada masyarakat, bangsa, dan Negara ini.

Salah satu sosok penting dalam sejarah kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara ini bernama RA Kartini. Sosok ini secara umum  memang telah mengilhami perempuan Indonesia dari masa kemasa. Spirit perjuangannya mampu menghidupkan mobilitas dan dinamika peran para perempuan Indonesia. Bisa dikatakan, bahwa tidak ada anak-anak perempuan yang tidak mengenal keharuman namanya.

“Melalui Gelap menuju ke penerangan, melalui angin besar menuju ke kediaman, melalui perang menuju ke kemenangan, melalui susah menujun kesenangan”,  demikian pesan RA Kartini kepada kaum perempuan Indonesia dan dunia dengan harapan, bahwa perempuan Indonesia dari zaman ke zaman, termasuk yang nantinya duduk di singgasana kekuasaa, tetap punya semangat juang untuk menemukan jalan terangnya.

Jurnalis :
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration