Selasa, 17 September 2019
Ketahanan Informasi

Tim Asnis Pusterad Tinjau Pelaksanaan Latihan Pokso-I Kodim 0824 Jember

Tim Asnis Pusterad Tinjau Pelaksanaan Latihan Pokso-I Kodim 0824 Jember Pelaksanaan Asistensi Tehnis Latihan Posko-I Kodim 0824. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Rabu, 22 Mei 2019 - 06:35

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pelaksanaan Latihan Poski-I Kodim 0824 Jember tidak hanya menjadi perhatian dari Korem 083/Bdj maupun Kodam V/Brw, namun juga mendapatkan Asistensi Teknis (Asnis) oleh Tim dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), yaitu Kolonel Inf Asrul Sani sebagai Ketua Tim bersama Mayor Inf Kayanto.

Pada pelaksanaannya Tim Asnis tersebut mengikuti seluruh kegiatan Latihan Posko-I sekaligus memberikan penilaian-penilaian terhadap kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing personal pelaku, termasuk buku petunjuk sebagai acuannya.

Latihan-Posko-I-Kodim2.jpg

"Melalui Latihan Posko-I tersebut saya selaku Komandan Kodim 0824 Jember bersama Kepala Staf Kodim 0824, Perwira Staf dan anggota Staf, diuji untuk menyelenggarakan bantuan perkuatan sesuai prosedur yang sudah ada, oleh penyelenggara latihan yaitu Korem 083/Bdj," kata Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, Selasa (21/5/2019).

Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa perumpamaan permasalahannya dalam latihan Posko-I ini adalah sekitar kerusuhan pasca Pemilu, adanya peihak-pihak yang tidak puas dengan hasil Pemilu.

"Maka dalam Latihan Posko –I tersebut kami juga berupaya mengundang pihak-pihak terkait diantaranya Polres Jember, Bupati Jember, Kejaksaan Negeri Jember, Ketua DPRD, dan unsur terkait lainnya dalam rangka mengkoordinasikan langkah-langkah yang akan diambil, dalam mencegah adanya aksi massa," ujarnya,

Latihan-Posko-I-Kodim3.jpg

Kolonel Inf Asrul Sani, usai mengikuti seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pelaku maupun penyelenggara, memberikan pengarahan dan asistensinya kepada pelaku maupun penyelenggara. Yang pada intinya apa yang dilakukan seperti Latihan Posko-I ini adalah upaya dalam rangka melatih ketrampilan dan kemampuan personel dalam penyelenggaraan bantuan perkuatan kepada Polri.

Lebih lanjut Kolonel Inf Asrul Sani menyampaikan agar masing-masing di samping melakukan tugasnyua dengan baik, namun juga harus dilakukan pertanggungjawaban dengan baik juga.

Misalnya produk-produk administrasi dalam Latihan Posko-I ini hendaknya dicetak dan diarsipkan. "Karena tidak menutup kemungkinan adanya verifikasi atau pemeriksaan di kemudian hari baik oleh Inspektorat Kodam maupun oleh Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) dan lain-lain, karena di dalamnya ada anggaran sebagai pendukung kegiatan ini," tutur dia.

"Keberadaan Tim Asnis tersebut tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi kami para pelaku, dalam melaksanakan Latihan Posko-I Kodim 0824 Jember ini," imbuh Komandan Kodim 0824 Jember kembali. (*) 

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration