Gaya Hidup

Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Kematian?

Rabu, 22 Mei 2019 - 01:13 | 425.17k
Ilustrasi kurang tidur. (https://hellosehat.com)
Ilustrasi kurang tidur. (https://hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Umumnya orang dewasa memerlukan tidur selama 7-9 jam. Kalau jam tidur ini terganggu, tubuh akan mengalami cukup banyak masalah dan bisa memicu kondisi sakit. Beberapa orang ada yang langsung sakit kalau tidak tidur selama 24 jam atau karena tidak bisa tidur selama 7-9 jam. Lalu, apa bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh? Benarkah bisa menyebabkan kematian?

Meski tidur terlihat sangat mudah dilakukan, tidak semua orang bisa melakukannya dengan sempurna. Ada banyak hal yang terjadi dan membuat tubuh mereka tidak bisa beristirahat dengan sempurna setiap malam.

Beberapa orang kerap mengalami insomnia, tapi mereka tetap bisa tidur meski kadang terjadi di siang hari. Beberapa orang ada yang tidak bisa tidur sama sekali atau sengaja melakukannya karena memiliki pekerjaan.

Seseorang yang tidak tidur selama 24 jam akan sering mengalami beberapa masalah seperti mengantuk, gangguan tekanan darah, hingga gangguan pada koordinasi. Tidak tidur selama 24 jam mungkin tidak begitu memberikan efek besar atau menyebabkan kematian. Selama seseorang sehat, gangguan yang muncul akan hilang dengan sendirinya.

Apakah gangguan tidur bisa menyebabkan kematian?

Jawabannya adalah ya. Kematian yang disebabkan oleh gangguan tidur ini terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama adalah kematian yang disebabkan oleh beberapa kasus kecelakaan yang terjadi saat mengendarai mobil atau motor. Saat tubuh terlalu lelah biasanya kita akan mengalami micro sleeping yang menyebabkan tubuh mendadak tidur.

Hal kedua yang bisa menyebabkan kematian adalah kondisi langka bernama fatal familial insomnia (FFI). Kondisi ini bisa menyebabkan kematian karena seseorang akan mengalami insomnia yang buruk, penurunan berat badan, nafsu makan yang sangat rendah, perubahan suhu tubuh, dan juga kemungkinan mengalami gangguan otak akan besar.

Memiliki waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, upayakan Anda tidak mengalami gangguan tidur atau kurang tidur agar terhindar dari berbagai dampak buruk di atas. (*)

*sumber: Dokter Sehat

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES