Kesehatan

Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur, Berbahaya?

Rabu, 22 Mei 2019 - 05:25 | 756.26k
Bangun Tidur (FOTO: (FOTO: iStockphoto)
Bangun Tidur (FOTO: (FOTO: iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat bangun tidur tak jarang kita merasa gerah dan panas. Karena alasan inilah biasanya orang memilih langsung mandi setelah bangun tidur. Namun, tahukah Anda jika bangun tidur langsung mandi bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh?

Mengutip laman Sleep, tubuh Anda akan mengalami berbagai efek saat terbangun tengah malam atau dini hari. Misalnya, kemampuan berpikir Anda tidak setajam saat dalam keadaan sadar. Anda juga tidak dapat bereaksi dengan cepat saat dihadapkan pada hal sepele sekalipun.

Terbangun pada dini hari akan mengganggu proses pembelajaran dan mengingat yang berlangsung di otak. Akibatnya, Anda terbangun tanpa mengingat apa pun. Ingatan Anda mungkin baru kembali segar beberapa menit setelah bangun tidur atau usai mandi.

Aktivitas otak, denyut jantung, pencernaan, dan berbagai fungsi lain pada tubuh mengalami penurunan selama Anda terlelap. Seluruh sistem pada tubuh Anda membutuhkan waktu agar bisa berjalan normal kembali setelah bangun tidur.

Jika Anda langsung melakukan aktivitas ketika bangun tidur, misalnya mandi atau sekadar berdiri, tubuh Anda tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk mengembalikan fungsi normalnya. Akibatnya, tubuh Anda menjadi “kaget” dan tidak dapat berfungsi normal.

Posisi berdiri saat mandi membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, saat Anda langsung mandi begitu bangun tidur, denyut jantung masih rileks. Belum mempersiapkan untuk memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh. Akibatnya, tekanan darah Anda menjadi lebih rendah dari seharusnya.

Anda mungkin akan merasakan pusing yang muncul tiba-tiba. Jantung pun merespons kondisi ini dengan berdetak lebih kencang agar suplai darah ke seluruh tubuh tetap terpenuhi.

Pada kasus yang lebih parah, langsung mandi setelah bangun tidur dapat menyebabkan hipotensi ortostatik. Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak sempat menyuplai darah menuju otak karena Anda berdiri secara mendadak dari posisi awal duduk atau berbaring.

Hipotensi ortostatik biasanya tidak berlangsung lama. Namun, kondisi ini juga bisa menimbulkan komplikasi berupa stroke, nyeri dada, detak jantung tidak teratur, pingsan, hingga kematian akibat gagal jantung.

Sebaiknya Anda tidak langsung mandi setelah bangun tidur. Biarkan tubuh Anda rileks sejenak sambil membuka mata. Kemudian, duduklah dahulu di tepi tempat tidur. Atur napas Anda dan rasakan detak jantung Anda kembali normal. Setelah tubuh siap beraktivitas, barulah Anda bisa mandi agar tubuh lebih segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES