Peristiwa Nasional

TGB: Semua Suku di Indonesia Turut Serta Membangun Bangsa

Selasa, 21 Mei 2019 - 22:31 | 44.03k
TGB Zainul Majdi memberikan uraian hikmah peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2019) malam. (FOTO: Antara/Bayu Prasetyo)
TGB Zainul Majdi memberikan uraian hikmah peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2019) malam. (FOTO: Antara/Bayu Prasetyo)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang Indonesia TGB Zainul Majdi menyampaikan bahwa semua suku bangsa di Indonesia turut berperan serta membangun bangsa. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan ceramah pada peringatan Nuzulul Quran 1440 Hijriah /2019 Masehi Tingkat Nasional di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2019) malam.

Hadir langsung pada peringatan itu Presiden RI Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hadir pula ratusan undangan di antaranta dari kementerian dan lembaga serta duta besar negara sahabat.

"Semuanya berperan membangun Indonesia. Bahkan yang dari keturunan Arab yang baik-baik juga banyak ikut juga membangun Indonesia. Keturunan India juga ikut membangun Indonesia," ujar TGB.

Dalam uraian hikmah peringatan Nuzulul Quran bertema "Kebersamaan dalam Keberagaman Perspektif Al Quran", TGB menjelaskan konsep umat yang terdiri dari kemanusiaan, ketuhanan, kebangsaan dan nilai-nilai mulia.

"Insyaallah Indonesia dengan umatnya yang namanya bangsa Indonesia ini adalah satu umat yang sesuai dengan konsep Rasulullah SAW dan juga sesuai dengan konsep yang ada dalam Al Quran," ujarnya.

Mantan gubernur NTB itu juga menjelaskan peran para ulama yang belajar di Tanah Suci Mekkah. Para ulama tidak hanya belajar ilmu agama, tetapi juga ilmu kebangsaan untuk pembangunan di Tanah Air.

Ia mengajak seluruh umat Muslim untuk melakukan cara yang baik dalam membangun Indonesia di tengah keragaman khasanah budaya bangsa.

"Maka di Indonesia ini Alhamdulillah sekali lagi walau bukan negara agama, tetapi konsep dasar yang menjadi basis dalam interaksi sosial itu konsep umat Alhamdulillah terimplementasi dengan baik di Indonesia," ujar TGB Zainul Majdi dalam uraian hikmahnya pada peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES