Peristiwa Daerah

Pekan Islami PT ACA Selain Santuni Materi Juga Sirami Rohani

Selasa, 21 Mei 2019 - 23:35 | 48.29k
Suasana pemberian santunan Pekan Islami PT ACA di tiga kecamatan, Kromengan, Wonosari dan Ngajum yang selalu berlangsung meriah. (FOTO:widodo irianto/TIMES Indonesia)
Suasana pemberian santunan Pekan Islami PT ACA di tiga kecamatan, Kromengan, Wonosari dan Ngajum yang selalu berlangsung meriah. (FOTO:widodo irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Hari kedua Pekan Islami PT ACA tidak hanya memberi santunan materi kepada anak-anak yatim, namun Selasa (21/5/2019) siang memberi juga siraman rohani oleh mubaligh Kyai Kholili yang selalu ikut berkeliling bersama rombongan direksi PT Anugerah Citra Abadi. "Jadilah seorang mukmin yang seperti tawon," katanya.

Tawon, kata Kholili adalah hewan yang selalu hinggap di tempat yang bersih. Dari bunga satu ke bunga lainnya dan menyerap yang baik-baik saja yang mengandung bahan madu atau nektar. Kemudian memberi yang baik-baik pula seperti madu. Begitu pula seharusnya sifat seorang mukmin," ujarnya.

Tawon berbeda dengan lalat dan engkes yang amat mudah ditemui di tempat sampah, kotoran, dan tempat-tempat yang berbau busuk. "Bahkan engkes itu adalah hewan yang kehidupan, makan dan kegiatannya di dalam kotoran sapi. Lalat juga suka hinggap di tempat yang kotor dan berbau. Jadi adik-adik jangan sampai menjadi seperti lalat dan engkes yaa. Seperti pak Iwan ini yang tengah menjalankan yang baik-baik saja," ujar Kholili menasihati

Nasihat itu disampaikan Kholili karena Selasa (21/5/2019) adalah hari ke-17 ramadhan, yakni malam Nuzulul Quran malam dimana Kitab suci Al Quran diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke Baitul 'Izzah di langit dunia. "Mumpung saya bertemu adik-adik pada malam Nuzulul Quran ini,  maka perbanyaklah membaca doa, membaca Alquran, memperbanyak zikir, mengerjakan salat sunah malam, dan beribadah lainnya," tambahnya.

Kholili lantas mengungkapkan, bahwa Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW. Secara bertahap menurut tuntutan peristiwa yang melatarinya. Lama waktunya adalah 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

Alquran selesai diturunkan sampai menjelang wafatanya Nabi pada 9 Dzulhijjah tahun 10 H yang bertepatan dengan tanggal 27 Oktober 632 M, dengan turunnya ayat yang terakhir yaitu surah Al-Maidah ayat 3.

Pemberian santunan hari kedua Pekan Islami PT ACA,  pada hari kedua itu di tiga kecamatan, Kromengan, Wonosari dan Ngajum berlangsung meriah karena direksi PT ACA membagikan hadiah dan hiburan sulap dari Mr Boschi dkk serta hiburan nyanyi dari Bian Bagindas.

Saat di Kecamatan Kromengan PT Anugerah Citra Abadi memberi santunan 182 anak yatim dan 70 orang kaum dhuafa. Mereka berasal dari Kromengan,  Ringin Anom, Karangrejo, Jarikerto, Peniwen, Jambuwer, Slorok, Ngadirejo

Saat di Kecamatan Wonosari jumlah anak yatim yang disantuni 315 orang dan kaum dhuafa 80 orang. Mereka berasal dari desa Plaosan, Kebobang, Bangelan, Kluwut, Plandi, Sumberdem, Wonosari, Sumbertempur

Sedangkan ketika di Ngajum jumlah anak yatim yang disantuni 232 orang dan kaum dhuafa 90 orang. Mereka berasal dari desa Ngasem 1, Sumber Beji, Ngasem 2, Balesari, Kedawung Banjarsari, Babadan, Jatisari, Banjarsari, Babadan 2, Palaan, Kranggan 2, Babakan Ngasem, Maguan, Kemuning.

Karena pada hari kedua Pekan Islami PT ACA bertepatam dengan malam Nuzulul Quran, mubaligh KH Kholili yang selalu hadir bersama rombongan jajaran Direksi PT Anugerah Citra Abadi, tidak hanya menyerahkan santunan berupa santunan materi tetapi juga siraman rohani dan menyisipkan nasihat kepada anak-anak yatim agar menjadi seorang mukmin yang seperti tawon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES