Peristiwa - Daerah

Ponorogo Raih Opini WTP Tujuh Kali Berturut-turut

Ponorogo Raih Opini WTP  Tujuh Kali Berturut-turut Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat menerima hasil pemeriksaan laporan keuangan dengan opini WTP dari BPK. (Humas Pemkab Ponorogo/TIMESIndonesia)
Selasa, 21 Mei 2019 - 17:30

TIMESINDONESIA, PONOROGOPemkab Ponorogo kembali menerima penghargaan dalam tata kelola keuangan yang sesuai dengan prinsip akutansi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penghargaan tersebut adalah Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk seluruh proses transaksi keuangan yang telah diaudit sejak awal tahun oleh BPK untuk laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2018.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlisssoni menerima langsung hasil pemeriksaan BPK tersebut pada Selasa (21/5/2019) di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. 

Opini WTP kali ke tujuh tersebut mengukuhkan Kabupaten Ponorogo sebagai wilayah yang patuh dan taat azaz atau prinsip pengelola keuangan sesuai regulasi maupun akutansi.

"Kita tentunya gembira dengan raihan WTP BPK ini dan sudah yang ke tujuh secara berturut-turut sejak tahun 2012," kata Agus Pramono, Selasa (21/5/2019).

Pramono menambahkan, dengan raihan ini dalam kepatuhan pengelolaan keuangan dari tahun 2012-2018 semakin mengukuhkan pengelolaan keuangan pemkab Ponorogo yang bersih.

"Artinya seluruh penyajian pos-pos laporan keuangan dalam semua hal material diberi pendapat atau opini wajar oleh BPK," jelasnya.

Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), seperti diketahui menjadi predikat tertinggi dalam hasil audit BPK dalam laporan keuangan. Pemeriksaan berkala keuangan terhadap pengelolaan keuangan dalam pemerintahan.

Kewajaran dalam opini BPK, kata Agus Pramono, bukan berarti kebenaran mutlak atas suatu transaksi. Melainkan kewajaran atas hal-hal yang material atau signifikan atas penyajian laporan keuangan.

"Oleh karena itu saya sampaikan, semua OPD jangan sampai terlena. Setiap tahun selalu ada perubahan dalam pengelolaan keuangan. Jadi Opini WTP yang ketujuh ini kita jadikan motivasi untuk lebih progres lagi  dalam menjalankan pemerintahan yang bersih," tegas Sekda Ponorogo. (*)

Jurnalis : M. Marhaban (MG-90)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration