Senin, 16 September 2019
Peristiwa - Daerah

Sidak Mamin, Dinkes Kota Probolinggo Temukan Produk Kedaluwarsa

Sidak Mamin, Dinkes Kota Probolinggo Temukan Produk Kedaluwarsa Wali Kota Probolinggo bersama Dinas Kesehatan memeriksa produk makanan minuman jelang lebaran 2019. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)
Selasa, 21 Mei 2019 - 14:27

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pemkot Probolinggo, Jawa Timur bersama Dinas Kesehatan, melakukan sidak peredaran makanan dan minuman ringan disejumlah pusat perbelanjaan dan toko oleh –oleh.

Hasilnya, petugas menemukan puluhan produk makanan dan minuman serta kosmetik yang sudah kedaluwars tapi masih dipajang oleh penjual.

Inspeksi mendadak tersebut dilakukan di sejumlah swalayan, toko modern, toko grosir dan pusat oleh oleh. Sasarannya adalah produk makanan minuman yang dijual untuk parsel lebaran. Serta berbagai macam produk kecantikan.

Satu persatu petugas Dinas Kesehatan, dipimpin Wali Kota Probolinggo, memeriksa produk makanan untuk parsel lebaran. Hasilnya ditemukan puluhan makanan dan minuman yang kedaluwarsa atau kemasannya tidak sesuai dengan standar baku mutu.

“Tindakan ini kami lakukan untuk melindungi konsumen dari peredaran barang kedaluwarsa atau produk tidak sesuai dengan standar kesehatan. Menjelang lebaran, khawatir produk makanan minuman itu dikonsumsi anak-anak,” jelas Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Selasa (21/5/2019).Edisi-Rabu-22-Mei-2019-A.jpgHasil temuan petugas itu kemudian dibawa sebagai sampel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara barang kealuwarsa atau yang tidak memenuhi standar baku mutu kesehatan, tetap ada pada toko yang bersangkutan. Petugas mengimbau agar produk yang tersebut segera ditarik dari peredaran.

Sejauh ini, petugas mengimbau agar pemilik toko, swalayan maupun toko grosir, di Probolinggo, untuk lebih memperhatikan produk yang dijualnya. Agar hak hak konsumen dapat terjamin, untuk mendapatkan produk yang berkualitas. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration