Minggu, 15 September 2019
Ketahanan Informasi

Bupati Sumenep Lantik Pengurus Baru FKMS Komisariat UNISMA

Bupati Sumenep Lantik Pengurus Baru FKMS Komisariat UNISMA Bupati Sumenep Lantik Pengurus Baru FKMS Komisariat UNISMA. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Selasa, 21 Mei 2019 - 06:36

TIMESINDONESIA, MALANG –     Forum Komunikasi Mahasiswa Sumenep (FKMS) Komisariat Jokotole Universitas Islam Malang (UNISMA) menggelar dialog kedaerahan sekaligus Pelantikan Pengurus Baru FKMS masa khidmat 2019 - 2020 di Gedung Graha Pancasila, Kota Batu, Sabtu (18/5/2019).

Pengurus baru FKMS tersebut dilantik langsung oleh Bupati Sumenep Dr. Drs. H. Abuya Busyro Karim, M.Si. dan ketua PKK Sumenep Nurfitriana Busyro S.E.

Dialog Kedaerahaan dan Pelantikan Pengurus FKMS Komisariat Jokotole UNISMA tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam membentu kemajuan daerah dan mengembangkan potensi daerah. Sekaligus sebagai upaya pembangunan daerah serta komitmen pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Sumenep.

Pelantikan-FKMS-unisma.jpg

Insan Rofiqi, Ketua FKMS terpilih, mengatakan bahwa FKMS merupakan ajang komunikasi untuk mempererat tali silaturrohim antara keluarga besar FKMS Komisareat Jokotole UNISMA dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

"Agar ikut andil berkontribusi memakmurkan Sumenep sesuai dengan tema yang diangkat pada acara tersebut, yaitu Peran Pemerintah Daerah dan Kontribusi Organisasi Mahasiswa Kedaerahan dalam Mengembangkan Potensi Kabupaten Sumenep di Era Revolusi 4.0," kata Insan. 

Mahasiswa Fakultas Hukum yang telah menempuh semester 4 tersebut juga berharap, dengan dilantiknya kepengurusan baru FKMS UNISMA tersebut dapat memberikan warna baru dan memberikan yang terbaik kepada daerah asal.

"Sebagai daerah kelahiran dengan memberikan sumbangsih berupa pemikiran dan kegiatan selama masih aktif sebagai mahasiswa UnNISMA. Raga kita di UNISMA tapi hati dan pemikiran kita tetap pada Sumenep demi kemakmuran tempat lahir kita,” ujarnya.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri Wali Kota Batu yang diwakili oleh Asisten 1 Sekda Wali Kota Batu Abu Sofyan. Dalam sambutannya, Abu Sofyan menyampaikan bahwa sejak 2001 Pemerintah Kota (Pemkot) Batu banyak diisi oleh orang-orang asli Sumenep.

Bahkan, wali kotanya kala itu merupakan orang kelahiran Sumenep. "Adik-adik mahasiswa Sumenep suatu saat nanti kalian akan menjadi pemimpin. Meski tidak di Sumenep kalian harus menjadi seorang leader. Maka dari itu ini kesempatan kalian untuk mempersiapkan menghadapi masa depan dalam dunia pemerintahan daerah," ujarnya.

Komisariat-UNISMA.jpg

Dia juga menuturkan bahwa mahasiswa merupakan agent of change. "Harapannya adalah mahasiswa Sumenep khususnya, bisa menerapkan kata perubahan itu dan bisa diaplikasikan di daerahnya. Selama kuliah mahasiswa mengumpulkan banyak ilmu sebagai bekal untuk mengaplikasikan kata  agent of change," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Dr. K.H. Abuya Busyro Karim, M.Si berharap mahasiswa Sumenep mampu menjadi lokomotif penggerak perubahan yang baik, berkulitas serta memiliki kreativitas yang tinggi. Sebagai bekal menjadikan Sumenep lebih maju lagi.

Menurutnya, Sumenep adalah kota warisan dari kraton yang banyak meninggalkan budaya kraton. Saat ini Sumenep juga mempunyai SDA yang banyak. Mengembangkan budaya kraton dan SDA yang berada di Sumenep membutuhkan orang-orang yang berkulitas di bidangnya dan orang-orang yang kreativitas dalam mengkemasnya.

“Sumenep warisan dari budaya kraton yang sejak dulu sudah kaya dengan budaya dan  SDA, tinggal mempolesnya kepada yang lebih baik lagi," ujar Busyro.

Dia juga menyambut baik apabila para pemuda Sumenep semangat dalam menjadi penggerak perubahan. 

“Sumenep sudah menyediakan banyak wadah buat kalian, tinggal memilih mau masuk di pemerintahan, di bidang agama atau bidang pariwisata. Sumenep terbuka buat pemuda yang benar-benar ingin memakmurkan tanah kelahiranya,” tutur dia.

Busyro berharap, organisasi FKMS Komisariat Jokotole UNISMA menjadi wadah pengembangan kretifitas, intelektualitas, dan memperbanyak jaringan dalam mempersiapkan diri seabagai calon pemimpin masa depan Sumenep. 

Dalam kesempatan tersebut, dia juga memberikan motivasi kepada mahasiswa UNISMA untuk menjadi pemimpin masa depan dengan mempersiapkan banyak hal, baik dari bidang ilmu pengetahuan dan juga mental. Juga menjalani tirakat seini mungkin.

"Mantapkan kualitasmu, siapkan mentalmu, dan bangun jaringanmu. Maka Anda tidak akan berada di tempat yang rendah," tegas Busyro.

Dalam dialog kedaerahan oleh FKMS UNISMA ini juga hadir Ketua PKK Sumenep Nurfitriana Busyro S.E. yang menyajikan tema Mengurai Potensi Daerah Kabupaten Sumenep Dilihat dari Kacamata Budaya Daerah, Ekonomi Kreatif Lokal, dan Pariwisata”. Diskusi tersebut juga diisi oleh Owner Coklat Klasik. Pembahasannya di bidang bisnis dengan tema “Meraih Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0. (*)

  

  

  

  

Jurnalis : Argus (CR-057)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration