Gaya Hidup

Bau Mulut saat Puasa Ramadhan? Kenali 5 Penyebabnya

Selasa, 21 Mei 2019 - 05:21 | 61.44k
Ilustrasi - Bau mulut (Foto: Thinkstock/VladimirFLoyd)
Ilustrasi - Bau mulut (Foto: Thinkstock/VladimirFLoyd)

TIMESINDONESIA, JAKARTABau mulut memang sering dialami saat orang berpuasa. Meski sudah dilakukan upaya pencegahan, keluhan yang satu ini kadang tetap datang dan menyebabkan rasa percaya hilang. Lalu apa sebenarnya penyebab bau mulut saat puasa Ramadhan?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut berbagai penyebab bau mulut yang sangat mengganggu.

1. Kebersihan gigi yang kurang terjaga

Makan yang tersangkut di sela-sela gigi dan tidak dibersihkan dengan baik dapat membusuk sehingga mencetuskan terjadinya bau mulut. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi dengan cara yang tepat, sela gigi yang penuh sisa makanan yang membusuk dapat mengundang hadirnya bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

2. Mulut kering

Tidak kemasukan air selama kurang lebih 13 jam membuat mulut mengalami kekeringan. Keadaan ini bisa semakin parah karena gerakan lidah dan mengunyah juga benar-benar terbatas, sehingga produksi air liur (saliva) ikut berkurang. Akibatnya fungsi pembersihan gigi (self cleansing) menjadi tidak maksimal sehingga terjadilah bau mulut.

3. Salah makan saat sahur dan buka

Jika Anda mengonsumsi menu sahur dan berbuka yang kaya akan bawang putih atau bawang bombay, risiko terjadinya bau mulut bisa sangat tinggi. Hal yang sama juga berlaku jika Anda mengonsumsi gorengan, makanan asin dan manis terlalu banyak saat buka puasa dan sahur.

4. Gejolak mikroorganisme mulut dan usus

Jika Anda tak mampu melakukan pola makan tepat saat puasa, termasuk mengatur jenis menu dan porsi yang dikonsumsi, gejolak mikroorganisme di mulut dan usus bisa saja terjadi. Keadaan ini dapat menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan lain, seperti asam lambung tidak stabil.

5. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok, baik saat puasa Ramadhan ataupun di waktu lainnya, bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Ini karena rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya berbentuk partikel kecil yang mudah tersangkut di tenggorokan dan paru-paru. Selain bau mulut, kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES