Peristiwa - Daerah

Soal People Power, Begini Tanggapan Kabit Eksternal GMNI UMM 

Soal People Power, Begini Tanggapan Kabit Eksternal GMNI UMM  Moh. Riyan Vitriliyansyah Kabid Eksternal GMNI Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (FOTO: Istimewa)
Senin, 20 Mei 2019 - 23:46

TIMESINDONESIA, MALANG – Gerakan people power yang akan digaungkan pada 22 Mei 2019 mendapatkan penolakan dari berbagai elemen. Salah satunya oleh M Riyan Vitriliyans, Kabit Eksternal GMNI Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Menurut Riyan, bahwa gerakan tersebut tidak mencerminkan sikap nasionalisme. Bentuk kesetiaan pada negara justeru perlu ditunjukkan dengan langkah-langkah yang dibenarkan secara hukum. 

"Gerakan people power sama sekali tidak pantas dilakukan para elit, apalagi melibatkan rakyat yang notabenenya tidak terlibat langsung dalam percaturan politik elit kita," kata Riyan kepada TIMES Indonesia, Senin, (20/5/2019).

Menurutnya, rakyat cukup digerakkan pada saat pencoblosan yaitu pada 17 April 2019. Saat itu lah waktu yang sangat tepat untuk menggerakkan people power. Selebihnya, serahkan kepada KPU selaku penyelenggara. 

"Kalau ada bukti kecurangan, kami siap mengawal sampai titik darah penghabisan sesuai dengan aturan yang ada. Selagi tidak melanggar hukum, ya monggo," tegas pria kelahiran Sumenep itu. 

Ia menambahkan bahwa gerakan ini bukan contoh yang baik. Para elit politik negara ini harusnya mencontohkan persaingan sehat yang berasaskan Pancasila, terutama sila ketiga yaitu persatuan Indonesia.

"Saya yakin, jika people power ini diniati sebagai gerakan politik atas kepentingan golongan tertentu yang mengorbankan rakyat, bukan people power lagi, tapi little power," ungkap Riyan dengan penuh semangat. 

Diketahui bahwa KPU akan mengumumkan hasil Pemilu pada Rabu, 22 Mei 2019. "Ayolah bangsaku, seluruh saudaraku di Indonesia sadarlah. Sudahilah segala permasalahan ini. Untuk para penggerak people power, ayolah saatnya bersama-sama memikirkan nasib bangsa ke depannya untuk Indonesia Raya," harap Kabit Eksternal GMNI UMM, M Riyan Vitriliyans.(*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration