Selasa, 17 September 2019
Kesehatan

Wah! Puasa Ramadhan juga Bermanfaat Menjaga Kesehatan Kulit

Wah! Puasa Ramadhan juga Bermanfaat Menjaga Kesehatan Kulit Ilustrasi (foto: https://blog.hemat.id)
Selasa, 21 Mei 2019 - 06:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berpuasa di bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah manfaat untuk kesehatan kulit. Benarkah? Ya, tak hanya sekedar menahan lapar, haus, dan emosi, berikut berbagai manfaat puasa untuk kulit, dilansir dari Okezone.

1. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang terasa menyebalkan bagi kebanyakan kulit. Tapi sebenarnya mengatasi jerawat tidak harus selalu dengan produk perawatan yang mahal. Puasa dapat membantu menghilangkan jerawat karena adanya proses detoksifikasi tubuh.

Jerawat adalah hasil dari bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh. Dengan berpuasa maka jerawat dapat mudah hilang karena bakteri dan racun dikeluarkan. Hal ini tentunya membuat wajah bersih dan bisa menambah kepercayaan diri.

2. Membersihkan kulit

Manfaat detoksifikasi tubuh selama puasa tak hanya mengatasi jerawat tapi membuat kulit menjadi terlihat lebih bersih. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, detoksifikasi adalah proses pembersihan berbagai racun dalam tubuh. Saat puasa racun di tubuh akan dilepaskan lebih cepat secara bertahap. Proses detoksifikasi ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena membuat kulit terlihat lebih bersih, lebih segar, lebih kenyal, dan lebih cerah.

3. Mencegah iritasi kulit

Kesehatan kulit dan puasa memiliki hubungan yang sangat baik. Buktinya dapat terlihat setelah puasa. Kontak antara kulit dengan zat-zat berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan iritasi dapat diminimalisir saat puasa. Selain itu, meskipun kulit mengalami iritasi, puasa membuat waktu penyembuhannya lebih cepat yaitu kurang dari 48 jam saja.

4. Mencerahkan kulit

Puasa, termasuk puasa Ramadhan membuat tubuh lebih cepat meregenerasi sel-sel tubuh termasuk sel-sel kulit yang rusak. Dengan begitu kulit terlihat lebih cerah. Untuk merasakan manfaat kesehatan kulit ini, konsumsilah makanan bergizi tinggi sehingga regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat dan lebih sehat. Konsumsi juga buah untuk mencegah kulit kering. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Registration