Peristiwa Daerah

Sikapi Bangsa, Aliansi Pemuda Sadar Demokrasi Deklarasi di Kantor NU

Senin, 20 Mei 2019 - 21:42 | 64.46k
foto bersama Aliansi Pemuda Sadar Demokrasi saat kegiatan diskusi dan deklarasi bersama di Kantor PCNU Kota Malang.
foto bersama Aliansi Pemuda Sadar Demokrasi saat kegiatan diskusi dan deklarasi bersama di Kantor PCNU Kota Malang.

TIMESINDONESIA, MALANG – Momentum Hari Kebangkitan Nasional 2019 dimanfaatkan sejumlah elemen pemuda, komunitas dan organisasi kepemudaan untuk menyikapi permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini. Elemen yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sadar Demokrasi ini melaksanakan agenda bersama dalam bentuk diskusi dan deklarasi bersama di Kantor PCNU Kota Malang Jl Hasyim Asyari 21 Kota Malang (20/5/2019).

Kegiatan tersebut memilih tema “Pemuda Bersuara Indonesia Jaya”. Organisasi dan komunitas yang mengikuti acara tersebut adalah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) UIN Malang, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Malang, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Malang, Kesatuan Mahasiswa Hindhu Dharma Indonesia (KMHDI), Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam Wilayah Jawa Timur (BEM PTAI), Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI) Kota Malang, dan Kampus Desa Indonesia.

“Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama dari beberapa organisasi kepemudaan dan komunitas yang bertujuan membawa pesan damai kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan terpecah belah atas isu-isu politik yang beredar di Masyarakat,” kata Ainur Rizqiyah, koordinator acara.

Diskusi bersama yang diikuti oleh ketua Oganisasi Kepemudaan dan Komunitas bersama dengan kader, anggotanya dipimpin oleh seorang moderator. Dengan menghadirkan panelis Alfin Mustikawan (ketua ISNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) dan Moh Mahpur (Rektor Kampus Desa Indonesia).

"Dengan adanya bonus demografi saat ini, pemuda sebagai kader bangsa harus mengambil peran dalam mempersiapkan Indonesia emas 2045," kata Alfin Mustikawan.

Mahpur menambahkan, bahwasanya bagaimana kondisi bangsa Indonesia saat ini tergantung dari bagaimana dari narasi yang dibangun oleh pemuda itu sendiri. Karena itu sosial media harus digunakan sebagai penyejuk antara kedua belah pihak bukan sebaliknya.

Dengan adanya acara dengan melibatkan beberapa organisasi kepemudaan dan komunitas yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sadar Demokrasi ini dapat berlanjut guna menjalin silaturrahim serta pemuda dapat berkontribusi dalam memberikan sumbangsih pemikiran untuk Bangsa Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES