Peristiwa Daerah

Bulan Ramadhan, Stok Kantong Darah di Magetan Menipis

Senin, 20 Mei 2019 - 21:25 | 35.88k
Salah satu pendonor di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Magetan. (Foto: Candra Aditya/TIMES Indonesia)
Salah satu pendonor di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Magetan. (Foto: Candra Aditya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Memasuki minggu ke 3 bulan Ramdhan, stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Magetan menipis. Pasalnya, pada bulan puasa pendonor yang datang jumlahnya menurun.

Kepala UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Magetan, dr Sudewo mengatakan, rata-rata darah yang dibutuhkan dalam setiap bulannya mencapai sekitar 125 kantong darah.

Namun, hingga saat ini jumlah yang tersisa hanya 16 kantong. "Satu bulan biasanya permintaan darah sampai 125 kantong darah, tapi saat ini stok darah di sini tersisa 16 kantung saja," ujarnya, Senin (20/5/2019).

Sudewo mengungkapkan, kondisi tersebut terjadi karena sulitnya mencari pendonor di bulan puasa ini. Sedangkan, kebutuhan stok kantong darah dari masing-masing rumah sakit itu tetap.

"Kami terus mengupayakan menggerakan masyarakat untuk mendonorkan darah," terangnya.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah stok kantong darah yang paling tipis adalah golongan A tersisa 2 kantong darah. Selanjutnya, golongan B tersisa 3, golongan O tersisa 5 dan terbanyak AB dengan 6 kantung darah.  

Pihaknya berharap, masyarakat Magetan dapat berpartisipasi mendonorkan darahnya, sehingga dapat memenuhi permintaan darah bagi yang membutuhkan.

"Bagi umat muslim yang ingin mendonorkan darahnya di bulan Ramadhan, bisa datang ke Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Magetan mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB," imbuhnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES