Peristiwa - Daerah

Relawan Capres 02 Aksi Damai, Minta KPU Jujur Saat Penetapan 22 Mei

Relawan Capres 02 Aksi Damai, Minta KPU Jujur Saat Penetapan 22 Mei Peserta aksi damai yang digelar oleh Relawan Capres 02 Prabowo-Sandi di depan Kantor KPU Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Senin, 20 Mei 2019 - 20:25

TIMESINDONESIA, BONDOWOSORelawan Capres 02 Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menggelar aksi damai di depan Kantor KPU setempat. Mereka menuntut agar KPU jujur saat penetapan hasil Pilpres pada 22 Mei 2019.

Pserta aksi yang diikuti oleh sekitar 300 relawan tersebut, melakukan long march, dari depan Minimarket Sukowiryo menuju Kantor KPU.

Dikawal ketata aparat kepolisian dan TNI, tampak para peserta aksi mengenakan baju putih, sambil mengacungkan dua jari.

Relawan-Capres-02-a.jpg

Usai melakukan long march, mereka melakukan orasi. Sementara isi orasi menuntut penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, berlaku jujur dan adil, serta tidak menutup-nutupi kecurangan. 

Bahkan orasi juga disampaikan oleh perwakilan emak-emak, yang juga hadir dalam aksi damai tersebut.

Korlap aksi, Moch Mujahid menjelaskan, bahwa aksi damai tersebut untuk menyuarakan aspirasi rakyat. Yakni, adanya dugaan kecurangan Pemilu.

“Sehingga mereka bertaubat, kembali ke jati dirinya. Diamana KPU lembaga yang punya jati diri, netralitas, kemudian independen. Itu harus dijaga. Itu yang tidak ada sekarang,” katanya.

Relawan-Capres-02-b.jpg

Menurutnya, Pemilu 2019 ini sarat dengan kekurangan-kekurangan. Belum lagi banyaknya korban yang meninggal dunia.

“Ini yang patut kita bertanya-tanya, kenapa kok bisa begini. Itu saya rasa inti dari aksi ini,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Bondowoso, Junaidi menjelaskan, bahwa aksi ini skala nasional bukan di skala kabupaten. Aksi di kabupaten, hanya sebagai imbasnya saja.

“Suratnya saya terima. Kita baca, kita telaah, lalu kita rekomendasikan ke KPU RI, itu saja permintaannya,” katanya usai acara aksi.

Dia juga menjelaskan, kalaupun ada kecurangan, ada jalannya. Yaitu melalui lembaga hukum Mahkamah Konstitusi (MK).

Hukum itu, kata dia, berbicara bukti. Harus jelas, dimana yang dikatakan curang, yang disampaikan oleh relawan Prabowo-Sandi.  

“Apa yang menjadi kecurangannnya, kita siap dan saya tadi berkomitmen kita siap adu data termasuk kita diadukan di Mahkamah Konstitusi,” tegasnya.

Usai menggelar aksi damai di depan Kantor KPU Bondowoso. Relawan Capres 02 itu, membubarkan diri denga tertib. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration