Kamis, 19 September 2019
Adv Advertorial

6 Cara Mempersiapkan Perjalanan Bisnis yang Nyaman

6 Cara Mempersiapkan Perjalanan Bisnis yang Nyaman (sumber: glints.com)
Senin, 20 Mei 2019 - 21:02

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di era digital seperti sekarang, Anda bisa berkomunikasi melewati zona waktu yang berbeda. Meski demikian, ketika membuat keputusan bisnis yang besar atau sekadar menjaga relasi, perjalanan bisnis harus dilakukan. Pasalnya, tidak ada yang mengalahkan interaksi secara langsung.

Beban perjalanan dinas Anda sudah cukup besar karena tanggung jawab yang dipikul. Lakukan persiapan dengan baik agar pekerjaan jadi produktif. Ayo, ketahui hal-hal penting apa saja yang harus dipersiapkan!

1. Simpan dokumen penting dengan aman

Simpan dokumen kantor atau dokumen pribadi seperti tiket, paspor, atau kartu identitas di sebuah map plastik. Pastikan kedua benda tersebut disimpan di tempat yang terpisah. Kategorikan dan beri nama agar Anda dapat mengambilnya dengan mudah.

Jika memungkinkan, pindai atau foto dokumen dan simpan di telepon genggam atau di cloud. File cadangan ini akan berguna jika Anda kehilangan dokumen fisik.

2. Berkemas dengan efisien

Berkemas untuk perjalanan dinas tidak sama dengan berkemas untuk liburan. Anda harus membawa celana formal, kemeja, beberapa baju atasan yang bagus, dan sepatu yang tepat dipakai untuk rapat. Anda juga harus membawa beberapa pakaian semiformal untuk acara yang tidak terduga.

Pisahkan beberapa pakaian ganti dan simpan di tas jinjing. Ini berguna jika tas atau koper Anda hilang atau tidak sampai.

3. Buat itinerary yang jelas

Biasanya agenda perjalanan sangat padat saat melakukan perjalanan dinas. Jadwal dan itinerary yang detail akan membantu Anda lebih produktif di jalan. Meski demikian, jadwal tersebut harus fleksibel berubah jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

4. Pastikan untuk memilih hotel yang memiliki WiFi

Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan bisnis karena tidak memiliki jaringan internet untuk berkomunikasi. Pilih penginapan yang memiliki WiFi agar tetap bisa mengirim dokumen penting sepulang dari perjalanan dinas.

Membawa portable wireless device adalah hal yang bisa dipertimbangkan untuk berjaga-jaga jika jaringan internet di penginapan tidak berfungsi.

5. Cari penginapan yang nyaman

Anda telah melakukan perjalanan bisnis yang melelahkan. Oleh karena itu, cari hotel yang menyenangkan sehingga Anda bisa tidur nyenyak dan siap menghadapi hari esok. Cari hotel dengan tempat tidur yang nyaman, kamar mandi yang luas, sofa yang empuk, televisi, dan lainnya.

Daripada harus melewati 45 menit di jalan yang membuat stres, sebaiknya Anda pilih hotel yang berada dekat dengan tujuan bisnis. Gunakan Google Maps atau layanan navigasi lainnya, untuk mengukur jarak dari stasiun atau bandara menuju hotel.

6. Riset kota tujuan

Anda bisa saja ditugaskan ke kota atau negara yang familier dan tenteram. Sebaliknya, Anda juga bisa dikirim oleh perusahaan untuk datang ke tempat yang belum ada di peta. Jika itu terjadi, maka Anda harus melakukan riset untuk mencegah segala risiko, seperti tersesat, dijambret, menyinggung warga setempat karena perbedaan budaya, dan lainnya.

Simpan barang-barang penting seperti dompet atau telepon genggam di tas saku. Membaca situasi politik di kota atau negara tujuan juga bisa jadi tindakan antisipasi.

Mau membuat perjalanan dinas yang praktis? Anda bisa menggunakan Corporate Travel Management dari Airy Business. Airy akan membantu Anda mengurus penginapan dan tiket pesawat. Anda juga bisa merekam, menelusuri, dan mengawasi semua perjalanan dinas di satu dashboard.

Tidak perlu berhubungan lagi dengan banyak vendor yang akan membuat Anda pusing. Airy bisa mengatur hal-hal penting di perjalanan perusahaan Anda dalam satu sistem online yang mulus. Mau buat perjalanan bisnis untuk perorangan atau berkelompok? Tidak perlu khawatir karena Airy dapat mengatur keduanya. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration