Peristiwa Nasional

Kemendagri dan BPIP Jalin Kerja Sama Pembinaan Ideologi Pancasila

Senin, 20 Mei 2019 - 16:14 | 26.17k
Mendagri Tjahjo Kumolo dan Plt Kepala BPIP Hariyono disaksikan Ketua Dewan Pembina BPIP dalam acara penandatanganan MoU di Kantor Kemendagri, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Mendagri Tjahjo Kumolo dan Plt Kepala BPIP Hariyono disaksikan Ketua Dewan Pembina BPIP dalam acara penandatanganan MoU di Kantor Kemendagri, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTAKemendagri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menandatangani MoU tentang pembinaan nilai-nilai ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Penandatanganan yang berlangsung di Kantor Kemendagri itu, dilakukan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPIP Hariyono, serta disaksikan langsung oleh Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Seokarnoputri.

"Kami sangat berterima kasih karena Kemendagri jadi tuan rumah dan ini menjadi awal bagi kita agar Pancasila bisa dibumikan," ujar Hariyono di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

MoU ini diharapkan dapat mengoptimalisasikan nilai-nilai Pancasila di kalangan ASN sesuai arahan Presiden Jokowi, 30 Maret 2019. Penyampaiannya dapat dilakukan antara lain melalui pendidikan dan pelatihan, dialog atau melalui berbagai pedoman.

Adapun enam butir kesepakatan dalam MoU tersebut meliputi pertama, fasilitasi penguatan dan penyusunan rancangan serta mengidentifikasi peraturan daerah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Selanjutnya, kerja sama di bidang pemetaan mutiara Pancasila sebagai salah satu dasar implementasi nilai-nilai Pancasila. Ketiga, pemberdayaan komponen masyarakat dalam menggali mutiara Pancasila dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Pelatihan dan pembinaan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh pihak dan pemerintah daerah, serta pemerintah desa. Kerja sama berikutnya, terkait pembinaan Civitas Akademika dan Praja lnstitut Pemerintahan Dalam Negeri menjadi salah satu pelopor aktualisasi Pancasila.

Sedangkan yang terakhir, kerja sama untuk saling bertukar informasi, pengkajian dan bidang lain sesuai kebutuhan yang disepakati BPIP dan Kemendagri dalam pembinaan nilai-nilai ideologi Pancasila. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES