Indonesia Positif

Latihan Posko-I Kodim 0824 Jember Jadi Uji Prosedur dan Penyelenggaraan Bantuan Perkuatan TNI

Senin, 20 Mei 2019 - 10:05 | 61.40k
Pelaksanaan Latihan Posko-I Kodim 0824/Jember. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan Latihan Posko-I Kodim 0824/Jember. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Penyelenggaraan Latihan Posko –I Kodim 0824 Jember yang dibuka oleh Kepala Staf Korem 083/Bdj (Kasrem 083/Bdj) Letkol Arm Budi Santoso pada Senin (20/5/2019), dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 20 - 22 Mei 2019. Kegiatan itu mengangkat tema Kodim 0824/Jember Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Polres dan Pemerintah Kabupaten Jember Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang. 

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menjelaskan bahwa Latihan Posko-I terkait tentang menjalin komunikasi dan koordinasi antara Komandan Kodim, Kasdim beserta seluruh stafnya. 

"Baik secara internal maupun secara eksternal dengan aparat terkait di wilayah dalam menyelenggarakan bantuan perkuatan kepada Polri dalam penanggulangan permasalahan di wilayah, sebagai salah satu tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," terang Arif.

Latihan-Posko-I-Kodim2.jpg

Lebih lanjut, dia menuturkan, perumpamaan permasalahan dalam latihan Posko-I tersebut adalah kerusuhan pascaPemilu dan adanya pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil Pemilu.

"Maka dalam Latihan Posko –I tersebut kami juga berupaya mengundang pihak-pihak terkait di antaranya Polres Jember, Bupati Jember, Kejaksaan Negeri Jember, Ketua DPRD, dan unsur terkait lainnya dalam rangka mengkoordinasikan langkah-langkah yang akan diambil," ujarnya.

Latihan-Posko-I-Kodim3.jpg

Dia menambahkan bahwa latihan itu bersifat simulatif. Dan dilakukan didalam ruangan.

Latihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prosedur hubungan komandan dengan staf. "Serta prosedur pemberian bantuan perkuatan TNI kepada Polri dan pemerintah daerah dalam rangka OMSP dalam menghadapi berbagai bentuk kontijensi pertahanan dan ketahanan wilayah," pungkas Komandan Kodim 0824 Jember(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES