Pendidikan

Mendikbud RI Ajak Siswa Tingkatkan Nasionalisme

Senin, 20 Mei 2019 - 08:15 | 41.15k
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI)  Muhadjir Effendy menjadi inspektur upacara di SMP N 1 Malang. (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) Muhadjir Effendy menjadi inspektur upacara di SMP N 1 Malang. (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RIMuhadjir Effendy menyampaikan  peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momentum untuk meningkatkan nasionalisme generasi muda.

"Tantangan pendidikan di era mendatang sangat besar dan generasi muda ini memiliki tanggung jawab besar," kata Muhadjir di SMP N 1 Malang, Senin (20/5/2019).

SMP-N-1-Malang2.jpg

Muhadjir menyampaikan untuk mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan ke depan, yang terpenting adalah menata karakter. Selain itu, diperlukan juga memberi kemampuan adaptasi serta memiliki pondasi nasionalisme yang kuat sehingga setiap mengalami perubahan tidak akan kehilangan arah.

"Guru memiliki tanggung jawab untuk menjadikan generasi muda menjadi lebih baik," katanya.

Muhadjir-Effendy.jpg

Muhadjir berpesan pada guru untuk mendidik dan memberikan pengalaman yang terbaik bagi siswa. Menurutnya, dengan memberikan pengalaman diberbagai bidang ini akan membuat anak semakin bertanggung jawab dan mampu memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

"Generasi kita harus bisa membawa bangsa Indonesia ini lebih maju, modern, dan dihormati bangsa lain," katanya.

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional di SMPN 1 Malang, Mendikbud RI Muhadjir Effendy juga berpesan untuk terus meningkatkan rasa nasionalisme untuk para siswa. Sebab, saat ini tantangan berat pendidikan adalah menjaga dan meningkatkan nasionalisme sesuai dengan ideologi Pancasila. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES