Peristiwa Daerah

Malam Nuzulul Quran di Banyuwangi, Yusuf Mansur: Baca dan Pahami Alquran 

Senin, 20 Mei 2019 - 07:38 | 60.68k
Peringatan Malam Nuzulul Qur'an di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Peringatan Malam Nuzulul Qur'an di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Ustaz Yusuf Mansur mengisi acara Peringatan Malam Nuzulul Quran yang diadakan oleh Pemkab Banyuwangi hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019.

Dalam acara memperingati pertama kali turunnya kitab suci umat Islam itu, Yusuf Mansur ajak masyarakat Banyuwangi rajin mempelajari Alquran, bukan hanya membaca melainkan memahami bacaan surat Alquran.

"Di peringatan ini, saya ingin mengajak semua untuk menaikkan lagi to the next level dalam berinteraksi dengan Alquran. Tidak hanya membaca ayatnya saja, tapi juga mempelajari dan memahami ayat demi ayatnya. Ambil buku, ambil pulpen. Baca, kaji, angan-angan, tulis. Pasti akan inspirasi baru yang akan kamu dapatkan," ajak Ustaz Yusuf Mansur di hadapan ribuan jamaah yang hadir memadati Pendopo Banyuwangi.

Yusuf Mansur lalu mencontohkan dirinya. Sebelum menjadi ulama dan pengusaha, dia mengawalinya dari penghayatan terhadap ayat-ayat Quran. Pada saat kondisi terpuruk, ia menggali inspirasi dari ayat-ayat Quran untuk mencari solusinya.

"Sampai saya baca Surat Yusuf, saya angan-angan. Dari sana saya dapat inspirasi. Oh, Nabi Yusuf ini diuji sangat berat. Tapi, dengan bertawakal pada Allah, ia akhirnya sangat sukses. Bahkan, hingga jadi raja," ceritanya.

Dari sanalah, kemudian Pengasuh Pesantren Darul Quran itu, memutuskan untuk meneladani Nabi Yusuf. Ustaz Yusuf Mansur juga mengingatkan untuk tidak mudah putus asa. Mungkin pada mulanya akan kesulitan. Namun, jika diulang secara terus menerus akan diberikan inspirasi.

Peringatan Nuzulul Quran tersebut, dihadiri berbagai elemen masyarakat. Mulai dari ulama, habaib, tokoh ormas keislaman, forum pimpinan daerah, PNS, aparat desa dan lapisan masyarakat lainnya. Diawali dengan salat Tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan tausiyah.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sengaja mengundang Ustaz Yusuf Mansur untuk berbagi spirit al-Quran.

 "Jika kita baca Alquran itu akan banyak motivasi yang bisa kita dapatkan. Motivasi untuk terus berinovasi hingga pada soal toleransi. Semua lengkap dalam Quran," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Senin,(20/05/2019).

Bupati Anas mengharapkan para PNS dan masyarakat Banyuwangi bisa menggali spirit dari kitab suci tersebut. Karena lewat kitab suci, Anas yakin masyarakat Banyuwangi akan lebih produktif, harmonis dan sejahtera. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES