Peristiwa - Daerah

Atasi Masalah Air, PDAM Kota Malang Bakal Maksimalkan Sumber Air Baru

Atasi Masalah Air, PDAM Kota Malang Bakal Maksimalkan Sumber Air Baru Direktur PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas (tengah) saat memberikan keterangan pers. (foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Minggu, 19 Mei 2019 - 22:29

TIMESINDONESIA, MALANG – Kebutuhan air menjadi salah satu objek vital masyarakat Kota Malang. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang pun berencana membangun sumber air baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Direktur PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas mengatakan untuk memenuhi kebutuhan air, PDAM Kota Malang akan membangun beberapa sumber air baru berupa sumur bor, dan pemanfaatan sumber air baru.

"Salah satu potensi sumber air yakni yang ada di Merjosari. Pembangunan sumur bor juga akan diprioritaskan di wilayah Tlogomas dan Betek pada tahun ini," katanya, Minggu (19/5/2019).

Muhlas mengatakan alasan dibalik pemilihan wilayah tersebut, karena Tlogomas dan Betek merupakan wilayah sentral. Ia pun juga akan melakukan berbagai upaya supaya masyarakat Kota Malang mendapatkan air dengan kualitas yang terjamin serta layak minum.

"Hasil penelitian dan data kami, debit air di sumber mata air yang ada di Merjosari cukup besar mencapai 150 liter per detik," tambahnya.

Ia menyebutkan juga akan melakukan pemanfaatan air permukaan. Namun, biaya untuk mengolah air sungai ini cukup besar, sehingga diawal kepengurusan ia akan melakukan penambahan dengan sumur bor.

“Kami berupaya menjadi PDAM yang mandiri. Mengurangi ketergantungan dari daerah lain," katanya.

Sementara itu, Direktur Teknik PDAM Kota Malang Ari Mukti menambahkan, pihaknya menargetkan selama lima tahun akan ada penambahan pelanggan sebanyak 50 ribu pelanggan baru. Setiap tahun ditargetkan ada 10 ribu sambungan rumah (SR) yang dapat tersambung.

“Kami juga akan membangun 10 recervoir (waduk) untuk optimalisasi pelayanan kepada pelanggan. Karena kami ingin mewujudkan PDAM Kota Malang yang mandiri,” tambahnya

Ari menyebutkan untuk saat ini, PDAM Kota Malang telah memiliki 6 sumur bor yang berada di Tidar, Tlogomas, dan Supiturang. Pada 2019, PDAM Kota Malang akan menambah sumur bor untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration