Peristiwa Nasional

Kemendagri: Humas Harus Tingkatkan Kapasitas di Era Kertebukaan Informasi

Minggu, 19 Mei 2019 - 22:18 | 49.26k
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di kantornya, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di kantornya, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo menekankan pentingnya peningkatan kapasitas pejabat kehumasan di era keterbukaan saat membuka Pertemuan Nasional Pejabat Kehumasan Tahun 2019 di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung A Lt. 3, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

"Humas harus ditingkatkan kapasitasnya dari sisi teoritis maupun keterampilan penguasaaan informasi komunikasi dan telekomunikasi karena kita dihadapkan pada era keterbukaan, bahkan Medsos kita berkembang dengan kompleks. Jangan biarkan informasi yang beredar menjadi bola liar, segera tanggapi, makanya penting kapasitas pejabat Humas ditingkatkan," ujar Hadi.

Tak hanya itu, Hadi meminta Pejabat Humas proaktif dan responsif atas permasalahan yang ada. Humas dituntut mengetahui segala permasalahan dan kebijakan di daerah yang menyangkut dengan Perda, Pergub maupun aturan lainnya untuk disampaikan kepada masyarakat.

"Humas harus responsif, proaktif, peka atas permasalahan yang ada. Selalu perbaharui database di daerah terkait informasi peraturan yang ada di daerah agar mampu memberikan informasi dan menampung aspirasi masyarakat,” pesan Hadi.

Selain itu, Hadi menekankan pentingnya penetapan Juru Bicara agar dapat melayani dan memberikan informasi kepada masyarakat semaksimal mungkin.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menandatangani Surat Edaran (SE) Nomor 480/3502/SJ dan 480/3503/SJ untuk Gubernur dan Bupati/Walikota, tentang penunjukan Juru Bicara di lingkungan Pemerintah Daerah. 

“Pranata Humas harus menetapkan Juru Bicara yang tidak hanya bisa bicara tapi memiliki pemikiran komprehensif dan mampu menyikapi permasalahan di daerah,” tandas Hadi, Sekjen Kemendagri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES