Peristiwa - Daerah

Jelang Libur Lebaran, Satpol Air Polres Malang Tingkatkan Kewaspadaan Laut Selatan

Jelang Libur Lebaran, Satpol Air Polres Malang Tingkatkan Kewaspadaan Laut Selatan Kasatpol Air Polres Malang, AKP Dwiko Gunawan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Minggu, 19 Mei 2019 - 14:45

TIMESINDONESIA, MALANG – Potensi terjadinya kecelakaan serta berbagai tindakan kejahatan di perairan selatan Kabupaten Malang pada libur Lebaran nanti, disikapi serius oleh Satpol Air Polres Malang.

Mengantisipasi hal itu, Satpol Air Polres Malang meningkatkan pengamanan serta kewaspadaan di wilayah perairan Malang Selatan. Hal ini juga sekaligus mendukung program Operasi Ketupat 2019.

"Tentunya kami siap mengamankan perairan Malang Selatan, selama masa Operasi ketupat 2019," ujar Kasatpol Air Polres Malang AKP Dwiko Gunawan, kepada TIMES Indonesia, Minggu (19/5/2019).

Dia menjelaskan, Satpol Air Polres Malang memiliki tantangan tinggi dalam mengamankan wilayah perairan. "Tantangan terberatnya, wilayah sangat luas dan belum diimbangi dengan SDM serta peralatan memadai," katanya.

Menurutnya, panjang garis pantai di Kabupaten Malang yakni 106 kilometer. Hal ini menyebabkan potensi perairan sangat luas dan banyak wisata pantai. Apalagi dia menyebut, banyak wisata pantai baru bermunculan.

"Maka dari itu, dalam melakukan pengamanan, kami membagi wilayah sesuai dengan tingkat kerawanannya," kata Periwra Pertama (Pama) Kepolisian dengan tiga balok di pundaknya tersebut.

Mantan Kasubag Humas Polres Malang Kota ini melanjutkan, pihaknya membagi keamanan melalui zonansi. Sedangkan kerawanan tinggi dia menyebut ada pada zonasi seputaran Sendangbiru.

"Di seputaran Pelabuhan Sendangbiru ada banyak pantai yang menjadi jujugan wisatawan. Seperti Pantai Teluk Asmara, Pantai Bajul Mati, Pantai Goa Cina, Pantai Baru Bekung dan Pantai Balekambang," paparnya gamblang.

Maka dari itu, fokus keamanan yang diberikan ada pada pantai yang memiliki tingkat kerawanan tinggi. "Biasanya di pantai yang saya sebutkan tadi sering terjadi kecelakaan di perairan, seperti terguling ombak," ungkapnya.

Menurutnya, karena keterbatasan peralatan dan personil, pihaknya juga melibatkan Pokmaswas, nelayan dan masyarakat pesisir pantai dalam melakukan pengamanan.

"Pembinaan kepada nelayan, Pokmaswas dan masyarakat sekitar pantai sudah kami lakukan. Tentunya dengan harapan bisa membantu tugas kami," tuturnya

Selanjutnya, melalui pengaman optimal yang telah dilakukan oleh Satpol Air Polres Malang, dia  berharap tidak ada kejadian menonjol selama libur Lebaran nanti. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration