Peristiwa Daerah

Melepas Ikan,  Umat Budha Dusun Sodong Ponorogo Peringati Waisak

Minggu, 19 Mei 2019 - 13:39 | 200.16k
Umat Budha di Dusun Sodong, Ponorogo berdoa di Vihara saat perayaan Waisak. (FOTO: Evita Mukharohmah/TIMESIndonesia)
Umat Budha di Dusun Sodong, Ponorogo berdoa di Vihara saat perayaan Waisak. (FOTO: Evita Mukharohmah/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Suasana perayaan hari Waisak oleh umat Budha juga terasa di  Dusun Sodong Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Warga  menyambutnya dengan suka cita. Persiapan menyambut detik-detik Waisak dilakukan dengan  membersihkan Vihara Dharma Dwipa dan memasang berbagai ornamen hiasan. 

''Detik-detik  Waisak terjadi pada pukul 04.11 WIB tadi pagi,'' kata Suwandi Cita Panu Ketua Vihara Dharma Dwipa,  Minggu (19/5/2019).

Menjelang detik-detik, kata Suwandi, umat Budha di Dusun Sodong berkumpul di Vihara sekitar pukul 03.00 dini hari. Mereka  mengitari ruangan Vihara sebanyak 3 kali. Kemudian duduk untuk meditasi sambil menunggu detik-detik datangnya Waisak

"Dilanjutkan dengan sungkeman kepada orangtua,'' jelasnya.

Suwandi menambahkan, tema perayaan Waisak tahun ini adalah mencintai kehidupan berbudaya penjaga persatuan.  Perayaan ditandai  dengan ritual pelepasan satwa ke alam bebas.

''Hari ini kami melepaskan ikan lele dan nila. Kalau tahun lalu kami melepaskan burung,'' tambahnya.

Pelepasan satwa bermakna bahwa semua makhluk hidup berhak hidup bebas. Menghargai semua makhluk hidup sesuai dengan alamnya tanpa ada kekangan.

''Ini merupakan cinta kasih yang universal. Semoga peringatan Waisak ini membuat semua makhluk berbahagia," ujar Suwandi usai memimpin doa umat Budha  saat perayaan Waisak di Dusun Sodong, Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES