Selasa, 17 September 2019
Kesehatan

Lampu LED Bisa Mengganggu Kesehatan Mata, Benarkah?

Lampu LED Bisa Mengganggu Kesehatan Mata, Benarkah? Ilustrasi - Kesehatan mata (FOTO: journal.sociolla)
Minggu, 19 Mei 2019 - 03:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teknologi LED makin banyak digunakan baik sebagai lampu penerangan juga untuk layarTV dan smartphone. LED memiliki keunggulan dari sisi konsumsi daya yang jauh lebih hemat dari bola lampu biasa, begitu juga ketika digunakan untuk layar smartphone. Meski memiliki berbagai keunggulan, lampu LED disebut bisa mengganggu kesehatan mata, benarkah?

Dilansir dari Tabloid Pulsa, menurut sebuah laporan baru dari Badan Kesehatan, Keselamatan, dan Kesehatan Makanan, Lingkungan, dan Pekerjaan Perancis (ANSES), mereka telah menyatakan keprihatinan tentang bagaimana paparan konstan kita terhadap lampu LED dapat menyebabkan kerusakan "permanen " pada mata kita.

Laporan yang diterbitkan oleh agensi tersebut berbicara tentang bagaimana LED dapat berpotensi menjadi "photo-toxic" yang artinya dapat menyebabkan hilangnya sel retina dan juga mengurangi ketajaman penglihatan.

Selain itu paparan intensitas tinggi pada cahaya LED, serta paparan kronis dari sumber intensitas rendah, menurut laporan tersebut, dapat mempercepat penuaan jaringan retina, yang berakibat pada penurunan ketajaman visual dan degeneratif tertentu penyakit seperti degenerasi makula terkait usia.

Ini bukan pertama kalinya cahaya dari perangkat ditemukan berpotensi memiliki kontribusi pada masalah terkait penglihatan. Sebelumnya, dikatakan bahwa cahaya biru atau lampu LED yang dipancarkan dari layar smartphone kita tidak hanya dapat mempercepat kebutaan atau gangguan kesehatan mata tetapi juga dapat mengacaukan pola tidur kita. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration