Gaya Hidup

Tujuh Kebiasaan yang Bisa Memicu Gangguan Kesehatan Kulit

Minggu, 19 Mei 2019 - 06:26 | 48.28k
ILUSTRASI - Tidur tanpa membersihkan make up. (FOTO: amazonaws.com)
ILUSTRASI - Tidur tanpa membersihkan make up. (FOTO: amazonaws.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMerawat kulit dengan cara yang tidak tepat bisa membuatnya rusak hingga mengalami infeksi. Untuk membuat kulit terlihat bersih dan segar, mungkin Anda akan mencuci muka berkali-kali. Namun tahukah Anda hal ini justru malah akan menghilangkan minyak dan kelembapan alami. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan salah yang tanpa disadari sering kita dilakukan dan dapat mengganggu kesehatan kulit menurut Boldsky.

1. Tidak menggunakan tabir surya

Sinar UV dapat menyebabkan banyak kerusakan. Jika kulit terlalu banyak terekspos tanpa perlindungan maka ada kemungkinan tinggi untuk timbulnya tanda-tanda awal penuaan, seperti kulit kecil dan pucat, kerutan dan garis-garis halus.

2. Mengabaikan dada dan leher

Saat melembabkan wajah, kita cenderung mengabaikan leher dan dada. Kita sering lupa memahami bahwa kedua area ini adalah yang pertama menunjukkan tanda-tanda penuaan.

3. Tidur dengan riasan

Lupa membersihkan wajah sebelum tidur adalah kebiasaan yang harus segera dihentikan. Kulit terpapar polusi, kotoran, debu serta minyak seharian dan ini akan menumpuk di permukaan kulit sehingga kulit sulit bernapas. Jika Anda tidka membersihkan atau mencuci wajah sebelum tidur maka akan mengundang jerawat, komedo, pori-pori tersebut dan kekeringan. Kalau Anda merasa terlalu lelah untuk mencuci wajah, pastikan selalu membersihkannya dengan tisu basah.

4. Menggunakan kuas kotor

Jarang membersihkan kuas rias secara teratur dapat membuat bakteri berkumpul sehingga menyebabkan jerawat. Setidaknya bersihkan kuas rias Anda dengan sabun lembut seminggu sekali.

5. Kurang tidur

Tidur sangat penting bagi kulit karena selama masa ini kulit akan melakukan perbaikan secara alami. Jika Anda tidak tidur nyenyak, maka kulit tidak akan mampu menyembuhkan atau memperbaiki dirinya sendiri sehingga kulit terlihat lelah dengan adanya lingkaran hitam dan kantung di bawah mata.

6. Menerapkan terlalu banyak pelembab

Menjaga wajah tetap lembab adalah hal yang baik namun jika terlalu banyak menerapkan pelembab, kulit akan kehilangan kemampuan untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang berbeda. Sebab kulit Anda akan terbiasa dengan pelembab yang digunakan. Pakailah hanya sedikit pelembab pada pagi hari dan sedikit sebelum tidur.

7. Berbagi produk riasan

Sangat menyenangkan bisa bertukar lipstik, maskara, eyeliner dan lainnya dengan teman-teman Anda, namun produk riasan akan penuh kuman. Kemungkinan besar Anda akan mengalami infeksi pada kulit, mata serta luka.

Agar Anda terhindar dari kerusakan kulit, sebaiknya hindari kebiasaan di atas. Merawat kulit sebenarnya mudah dilakukan jika Anda menggunakan cara yang tepat. Yuk, jaga kesehatan kulit agar Anda tetap terlihat cantik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Boldsky

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES