Peristiwa Daerah

Polres Gresik Luncurkan Aplikasi Daring Pengaduan Masyarakat

Sabtu, 18 Mei 2019 - 11:12 | 69.13k
Polres Gresik saat melncurkan aplikasi (FOTO: Humas Polres Gresik for TIMES Indonesia)
Polres Gresik saat melncurkan aplikasi (FOTO: Humas Polres Gresik for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Di era digital, Polres Gresik, Jawa Tinur meluncurkan aplikasi daring pengaduan masyarakat atau Dumas. Hal itu sebagai upaya Polres untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Pudak.

Dumas online memudahkan masyarakat dalam menyampaikan perkara tindak pidana ekonomi dan juga pengaduan yang berisikan laporan informasi perilaku menyimpang oknum anggota kriminal khusus.

Kemudian, ada tindak lanjut perkara tindak pidana ekonomi dan juga pelaporan diluar tindak pidana ekonomi.

Selain itu memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam melaporkan kejadian kriminal khusus serta memonitor perkembangan perkara (SP2HP) krimsus.

"Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat tak terbatas oleh ruang dan waktu, sebagai Polres yang telah menyandang Predikat WBBM terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Sabtu (18/5/2019).

Wahyu menjelaskan, selain memudahkan pelayanan ke masyarakat, di era keterbukaan informasi dimana masyarakat menuntut adanya transparansi dalam segala hal dibidang pelayanan publik.

Sesuai dengan program prioritas Kapolri ke-2 dan ke-10 tentang pelayanan masyarakat yang berbasis IT dan penguatan pengawasan.

"Diharapkan keterbukaan informasi melalui website atau sistem aplikasi aparat penegak hukum dapat menjadi solusi di era saat ini," ucapnya.

Dengan Predikat WBBM yang disandang Polres Gresik, lanjut Kapolres Gresik pengawasan Kementrian PAN RB harus mempunyai komitmen sama yaitu zona Integritas yaitu mencegah korupsi dan kualitas pelayanan publik terutama Dumas.

"Dengan aplikasi Dumas Online menjadi motivasi Polres Gresik untuk lebih meningkatkan kinerja dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Wassidik Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Krishadi Permadi menjelaskan Polres Gresik merupakan salah satu Polres percontohan di Jatim. Soal aplikasi ini, diharapkan bisa dicontoh Polres lain di Jatim.

"Bagi Polres yang lain untuk melakukan perubahan dan peningkatan inovasi inovasi Polri sehingga ditunjuk untuk melaksanakan launching aplikasi pengaduan masyarakat secara online atau dumas," harapnya kepada Polres Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES