Peristiwa - Daerah

Menteri Basuki: Infrastuktur Jalan untuk Mudik Lebaran 2019 Fokus Jawa dan Sumatera

Menteri Basuki: Infrastuktur Jalan untuk Mudik Lebaran 2019 Fokus Jawa dan Sumatera Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (17/5/2019).(FOTO Khadafi/TIMES Indonesia).
Jum'at, 17 Mei 2019 - 23:26

TIMESINDONESIA, BADUNG – Untuk persiapan mudik Lebaran 2019, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan infrastruktur jalan masih difokuskan di Jawa dan Sumatera.

"Saya kira untuk infrastruktur lebaran kita masih fokusnya untuk Sumatera dan Jawa. Karena banyaknya yang mudik dari Jawa dan saya kira sudah siap dan jalan tol sudah siap," kata Menteri Basuki, saat ditemui di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (17/5/2019) malam.

"Dan ini sekarang kita sudah siapkan lebih baik. Jalan nasionalnya dari Jakarta sampai ke Bekasih karena itu jalur motor kan dan saya perhatikan betul. Jadi saya perhatikan betul dari Jakarta, Bekasih, Cikampek dan terus lewat Pantura, insyaAllah H-10 semuanya sudah siap," imbuh Basuki.

Basuki juga menyampaikan, untuk kendala dalam mudik Lebaran 2019 tentunya adalah volume para pemudik yang sangat banyak sekali.

"Mungkin volumenya yang lebih banyak. Karena, untuk transportasi itu kan ada tiga. Pertama prasarananya, pengaturannya atau manajemennya dan perilakunya. Kalau nanti terlalu padat, perilakunya harus ikuti betul aturan polisi karena Bapak Polisi mau bikin satu one way untuk jalur tertentu," jelasnya.

Basuki juga menjelaskan, untuk jalan nasional di Indonesia panjangnya sekitar 48 ribu kilometer dan tentunya menyambut Lebaran 2019 akan disiapkan lebih baik.

"Jalan nasional kita ada 48 ribu kilometer tapi kalau untuk yang mudik, khususnya timnya Metro yang lewat Pansela (Jalur Pantai Selatan) sudah dibilang siap dan sedang perbaikan dari Kebumen dan kalau Pantura juga sudah siap," ungkapnya.

Basuki optimistis infrastruktur jalan pada mudik Lebaran 2019 kali ini, pihaknya lebih siap dari tahun lalu. "Seperti yang di Sumatra dan Palembang ini 350 kilometer sudah bisa dilewati, 140 kilo meter operasional 210 fungsional dan sudah disiapkan," ujarnya. (*)

Jurnalis : Muhammad Khadafi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

Komentar

Loading...
Registration