Pendidikan

Pengolahan Susu Hantar, Mahasiswi UWG Malang Raih Dana Hibah

Jumat, 17 Mei 2019 - 19:22 | 39.60k
Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi Kampus Inovasi UWG Malang.
Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi Kampus Inovasi UWG Malang.

TIMESINDONESIA, MALANG – Keberhasilan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi Kampus Inovasi UWG Malang meraih Program Bantuan Dana Kegiatan Kemahasiswaan (Ko dan Ekstrakurikuler) di lingkungan LLDIKTI VII. Keberhasilan ini disusul oleh HMJ THP (Teknologi Hasil Pertanian) Fakultas Pertanian melalui Program Hibah Bina Desa tahun 2019.

Pra poposal berjudul Pengembangan Teknologi Pengolahan Susu Berbasis Fermentasi Dusun Jambuwer Desa Balesari Kabupaten Malang yang lolos pada penilaian Tahap ll tahun 2019 ini termasuk pada 352 prapoposal dari 2109 prapoposal yang masuk ke Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.

Mercy Chrisphilia Padjalo, sang penggagas ide. Ide didapat saat melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Dusun Jambuwer Kabupaten Malang. "Daerah ini memiliki potensi hasil ternak sapi perah yaitu susu. Hasil ternak yang melimpah ini belum dikelola secara maksimal. Selama ini masih dipasarkan dalam bentuk susu segar dengan cara pemasaran yang konvensional. Padahal dengan sedikit sentuhan teknologi, susu sapi ini dapat diolah menjadi pangan olahan yang tidak saja memiliki kualitas yang jauh lebih baik, tetapi juga jauh lebih menguntungkan secara ekonomi," ujar gadis mungil asal Sulawesi Tengah ini.

Dibantu oleh Dr. Ir. H. Moh. Su'i, MP, yang juga menjadi pembimbing mahasiswa pada saat pelaksanaan KPM, lulusan SMA di Bogor ini mengimplementasikan idenya dalam bentuk prapoposal. "Syukurlah, usulan berupa prapoposal ini lolos pada penilaian tahap ll. Dan selanjutnya sayapun telah menindaklanjuti proses tersebut dengan segera mengirimkan proposal lengkapnya sebagaimana yang diminta oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti," jelas gadis yang aktis di berbagai kegiatan di kampusnya ini.

Sebagaimana prestasi yang diraih Tika pada Program Bantuan Dana Kegiatan Kemahasiswaan, prestasi yang diraih program studi THP ini adalah pengalaman pertama bagi UWG. Atas raihan ini, Wakil Rektor lll Bidang Kemahasiswaan Dr. Agus Tugas, ST, MT menyampaikan bahwa ini adalah bukti bahwa mahasiswa UWG Malang mampu bersaing dengan mahasiswa lain dari PTS di lingkungan LLDIKTI VII, maupun PTN di lingkungan Kemenristekdikti. Agus berharap keberhasilan Tika dan Mercy ini mampu memotivasi mahasiswa lain untuk mengikuti jejaknya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES